Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 3 Jun 2021 20:49 WIT ·

Anggaran Pilkada 2024 di Morotai Tak Lagi Dianggarkan Dalam APBD


 Kantor KPU Morotai || Foto: Faisal Kharie Perbesar

Kantor KPU Morotai || Foto: Faisal Kharie

DARUBA – Anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, dikabarkan tidak lagi dianggarkan melalui Angggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), melainkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Morotai, Irwan Abas kepada zonamalut.id diruang kerjanya, Kamis (3/5).

”Pilkada kali ini anggarannya lewat APBN tidak sama dengan dulu melalui Pemda, dan ini sesuai progres semua lewat APBN. Namun untuk besarannya kita belum tahu karena kita belum bahas,” kata Irwan

Irwan bilang, ada tiga item rincian, pertama tahapan penyelenggara pemilihan serentak, kedua rincian anggaran dan ketiga singkronisasi pemutakhiran daftar pemilih,” jelasnya.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, lanjut Irwan, KPU Pulau Morotai sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Morotai.

”Rencana hari Senin ini kita bertandang ke DPRD kemudian di Kesbangpol, soal program kami terkait dengan kesiapan KPU menghadapi pemilihan salah satunya desa peduli pemilihan, dan ini tanggung jawab desa menyiapkan masyarakat memahami fungsi dan tugas pemilihan itu sendiri. Selanjutnya, soal singkronisasi, dan kami sudah melakukan dua tahun terakhir ini,”jelasnya.

”Kami (KPU Morotai) dan KPU di seluruh Indonesia kita lakukan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan, agar kita bisa mengatahui pemilih mana yang tidak memenuhi syarat,”tambahnya.

Irwan mengaku, data pemilihan pada Pilkada tahun 2021 sudah selesai direkap. Salah satunya adalah Data Pemilih Tetap (DPT) Pulau Morotai.

”Terakhir itu di bulan April kemarin sebanyak 86.393 jiwa,”tandasnya.


Penulis: M Faisal Kharie
Editor : Chaca

Artikel ini telah dibaca 216 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kuasa Hukum Tetap Mengawal Kasus Dugaan Penipuan di Halmahera Utara

16 Mei 2022 - 19:28 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

AWPI Halmahera Utara Sosialiasi Peran Media dan Perkara Hukum kepada Pelajar

12 Mei 2022 - 09:49 WIT

Pemda Halmahera Utara Distribusi Bantuan ke Korban Gempa di Desa Ngidiho

12 Mei 2022 - 09:14 WIT

Trending di DAERAH