Aset Milik Pemda Morotai Sebagian Besar Dikelola Dinas PU

Ilustrasi

DARUBA – Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, memiliki puluhan aset berupa alat berat yang dihibahkan oleh pemerintah pusat maupuan di belanjakan melalui APBD seperti Greder, Buldozer, Eksavator dan Dump truck.

Puluhan alat berat itu, kini sudah tercatat masuk sebagai aset daerah dan akan disewakan kepada seluruh dinas maupun swasta yang membutuhkan.

Dari hasil sewaan itu akan dimasukan dalam kas daerah guna menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tetapi puluhan alat berat itu, diketahui hampir sebagaian besar dikelolah oleh dinas PU Morotai. Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Morotai, terdapat 9 unit Dump truck yang dikelola oleh Dinas PU.

“Ada 9 unit Dump truck, tapi tahun pengadaannya berbeda beda, itu data aset di dinas PU.”kata Kabid Asset BPKAD Morotai Muhammad Taena kepada sejumlah wartawan belum lama ini

Ia kembali membuka data bahwa selain 9 unit Dump truck, terdapat juga alat berat lainnya yang di kelola oleh dinas PU misalnya Greder, Buldozer, Bomag dan sejumlah alat berat lainnya.

“2018 itu ada 3 unit alat berat diantaranya Greder 1 unit dan Buldozer 2 unit, Dumtruck juga ada pengadaan 2020, termasuk 1 unit Eksavator juga tahun 2020.”terangnya

Ia menambahkan, untuk Buldozer sendiri pernah dihibahkan oleh kementerian PUPR dan sudah tercatat sebagai aset
daerah.

Buldozer 2 unit tapi satu unit itu hibahkan dari Kementrian PUPR pada¬† tahun 2016 lalu.”tambahnya


Penulis: Alan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *