Bawaslu Halmahera Barat Rekomendasi 1 TPS di Akelamo Cinga-Cinga Gelar PSU

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, merekomendasikan 1 TPS di Kecamatan Jailolo Selatan menggelar pemungutan suara ulang (PSU).

TPS yang direkomendasikan untuk PSU adalah TPS 1 desa Akelamo Cinga-Cinga. Rekomendasi ini menyusul adanya temuan dugaan kecurangan di desa setempat.

Ketua Bawaslu Halbar mengaku Nimrot mengatakan, rekomendasi PSU tersebut sudah diserahkan ke KPU.

“Iyaaa PSU, kami sudah mengirim rekomendasi ke KPU, seterusnya KPU yang memutuskan,” ungkap Nimrot.

Sementara Kordiv Hukum Pencegahan dan Parmas Bawaslu Halbar, Helni Rosiana Amo dikonfirmasi terpisah mengatakan, dari hasil kajian atas permasalahan yang terjadi di desa Akelamo Cinga-cinga telah ditemui tiga pelanggaran.

“Ada 3 unsur pelanggaran Admistrasi, kode etik dan pidana. Dan tadi di regis untuk rekomendasikan PSU,” ujar Helni

Disentil jumlah TPS yang direkomendasikan Bawaslu ke KPU, Helni mengaku, hanya terdapat satu yang di rekomendasikan untuk melakukan PSU. “ 1 TPS saja,” singkat Helni mengakhiri

Sekedar diketahui, dugaan kecurangan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Akelamo Cinga-Cinga, Kecamatan Jailolo Selatan Halmahera Barat, Maluku Utara, pada Rabu (14/2/2024) kemarin.

Dugaan  kecurangan tersebut dilakukan di TPS 1 sekitar pukul 15.11 WIT. Dimana salah satu saksi Caleg berinisial FD masuk di TPS kemudian mengambil 15 surat suara dan mencoblos.

Surat suara tersebut terdiri dari DPD RI 5 surat suara, presiden dan wakil presiden 5 surat suara dan DPRD kabupaten/kota 5 surat suara.


Penulis: Zulfikar Saman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *