Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

PULAU MOROTAI · 22 Agu 2021 19:35 WIT ·

Belum Ada Penyelesaian, Pemilik Lahan Hentikan Pekerjaan 4 Bangunan BUMDes di Morotai


 Pekerjaan Bangunan BUMDes, di Eks Pasar Gotalamo, Yang Dihentikan Pemilik Lahan Perbesar

Pekerjaan Bangunan BUMDes, di Eks Pasar Gotalamo, Yang Dihentikan Pemilik Lahan

DARUBA – Pembangunan 4 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Eks Pasar Gotalamo, Kecamatam Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara kembali dihentikan oleh pemilik lahan sejak Jumat tanggal 20 Agustus 2021.

“Kami belum lanjutkan pekerjaan karena dorang pe keluarga semua ada datang dan dong minta kase setop kerja dulu, kalau pihak kontraktor suruh tong kerja tong tara mau ambil resiko, jangan sampe ada apa-apa lagi,”ucap Markus,

Markus bilang, Dari 4 kepala tukang (Bas) pembagunan BUMDes ini, memilih tidak lanjut kerja sampai pihak pemilik lahan dan Pemerintah Daerah lakukan penyelesaian dulu baru kami lanjut.

“Dong (Keluarga Ahli Waris) kase setop so dari. Tapi tong juga harus tegas di pihak kontraktor, karena tong rugi di waktu kalau kerja ini di hentikan,”katanya.

Sementara, Bilal, salah satu ahli waris mengaku bahwa, Lahan ini belum ada penyelesaian. Bahkan, pembayaran pun belum dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

“Sampe sekarang tara selesai dan belum ada pembayaran, hanya janji-janji terus,”akunya.

Saat itu, lanjut Bilal, Lahan pembangunan BUMDes seluas 97X60 meter sesuai niat kami mau dijual ke Pemerintah Daerah itu senilai Rp 6 miliar. Tapi, setelah itu kami tidak mau jual lagi karena Pemda tara hargai.

“Kalau pemerintah hargai dan ketemu ahli waris terus komuniksikan bayar berapa kami juga mau. Namun, sampe sekarang tidak ada kejelasan,”jelasnya.

Menurutnya, Lahan yang sudah dibangun Bangunan BUMDes itu adalah penyerobotan, karena tanpa ada koordinasi yang pasti dari Pemda.

“Ini penyerobotan, Pemerintah pernah datang tapi dong cuma kase surga telinga terus buat janji sampe hari ini,”katanya.

Hal senada disampaikan salah satu ahli waris, Iki mengatakan, Untuk penjelasaian lahan ini, Kami dari pihak ahli waris meminta untuk ketemu langsung dengan Bupati Benny Laos.

“Kali ini torang minta ketemu langsung dengan pak Bupati, supaya apa tanggapan dan kejelasanya soal tanah kami ini,”pintanya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bangunan BUMDes, Zufri Latif, yang juga Kabid Litbang di Bappeda, ketika dikonfirmasi zonamalut.id melalui telepon seluler, Terpisah mengatakan, Masalah terhentinya pekerjaan yang dilakukan oleh para tukang itu lantaran pemilik lahan tidak melihat isi surat kesepakatan dengan Pemerintah Daerah.

“Ini hanya miskomunikasi antara pemilik lahan dan Pemda. Tapi, yang jelas besok para tukang sudah kembali mengerjakan proyek tersebut,”singkatnya.


Penulis: Faisal

Artikel ini telah dibaca 253 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Soal Usulan Pejabat, Bupati Morotai Sebut Media Provokator

17 Mei 2022 - 11:43 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

Polres Morotai Serahkan 2 Tersangka Kasus Narkoba ke Jaksa

11 Mei 2022 - 17:20 WIT

Pintu Otomatis Kantor Bupati Morotai Nyaris Makan Korban

11 Mei 2022 - 15:54 WIT

Trending di DAERAH