Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 11 Jun 2021 19:43 WIT ·

Belum Diadakan Rapat Banmus, Paripurna DPRD Morotai Ditunda


 Sejumlah Anggota DPRD Morotai, Saat Meninggalkan Ruang Paripurna Perbesar

Sejumlah Anggota DPRD Morotai, Saat Meninggalkan Ruang Paripurna

DARUBA – Rapat paripurna DPRD Kabupaten Pulau Morotai, dengan angenda penyampaian dokumen laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah dan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2020 oleh Pemda, kembali ditunda.

Sebelumnya, rapat yang jadwal awalnya pekan lalu terpaksa ditunda karena kesibukan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai. Kini, Jumat (11/6) kembali ditunda saat dilakukan paripurna di aula DPRD.

Amatan zonamalut.id, tundahnya rapat paripurna itu disaat Ketua DPRD Rusminto Pawane, saat memberikan sambutan yang baru berjalan beberapa menit, tiba-tiba langsung diinterupsi sejumlah anggota diantaranya, Sekretaris Komisi I DPRD Pulau Morotai, Fadli Djaguna, Ketua Bapemperda Irwan Soleman, Ketua Badan Kehormatan (BK) Suhari Lohor serta anggota lainya.

Fadli Djaguna mengatakan, seharusnya sebelum dilakukan rapat paripurna DPRD Kabupaten Pulau Morotai dengan agenda tersebut harus diadakan rapat Badan Musyawarah (Bamus) terlebih dahulu.

”Setahu saya secara pribadi bahwa ini tidak pernah di Banmuskan, semua agenda yang berkaitan dengan hajat yang ada diinternal DPRD Pulau Morotai ini minimal di Banmus berdasarkan dengan PP 12. Padahal, itu jelas baik paripurna atau agenda apa saja wajib di Banmus. Pertanyaannya selama ini diselengarakan rapat paripurna DPRD soal LKPJ, apakah di Banmus. Kan tidak,”kesal Fadli.

Fadli bilang, Banmus akan menindakalanjuti diinternal DPRD secara kelembagaan. Hal itu harus dipahami dan melalui mekanisme. Kalau sesuai dengan UU maka tidak bisa dilaksanakan dan itu harus dilihat. Pertanyaannya apa sudah di Banmus?., Tidak ada.

”Jadi seakan-akan di DPRD ini, ketika didesaknya diminta Pemerintah Daerah tiba-tiba dieksekusi. Namun berkaitan dengan hak dan kewenagan DPRD bagaimana tidak ada, maka itu perlu dipahami. Kalau tidak melalui Banmus maka tidak ada satu agenda pun masuk di DPRD,”timpalnya.

Setelah menyampaikan interupsi. Ketua DPRD Rusminto Pawane kembali mengambil alih agenda paripurna dan menyepakati untuk di tunda. Namun sempat terjadi adu mulut antara Fadli dengan ketua DPRD Rusminto lantaran dikembalikan ke flur. Akan tetapi itu tak berlangsung lama, lalu disepekati ditunda.

”Kami meminta maaf kepada rekan Forkompinda yang menghadiri undangan kami. Sekali lagi, tidak mengurangi rasa hormat, maka pelaksanaan paripurna kami tunda dan selanjutnya kami Banmuskan di DPRD,”tandasnya.

Sekedar diketahui, agenda paripurna itu dihadiri Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Wakil Bupati Asrun Padoma, Sekda Morotai Andrias Thomas, puluhan anggota DPRD, sejumlah pimpinan SKPD, Kepala Kemenag, Kepala BNN serta tamu undangan lainnya.


Penulis : M Faisal Kharie
Editor: Chaca

Artikel ini telah dibaca 182 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kuasa Hukum Tetap Mengawal Kasus Dugaan Penipuan di Halmahera Utara

16 Mei 2022 - 19:28 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

AWPI Halmahera Utara Sosialiasi Peran Media dan Perkara Hukum kepada Pelajar

12 Mei 2022 - 09:49 WIT

Pemda Halmahera Utara Distribusi Bantuan ke Korban Gempa di Desa Ngidiho

12 Mei 2022 - 09:14 WIT

Trending di DAERAH