Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 8 Sep 2021 23:55 WIT ·

Capai Nilai SPM Tertinggi, Pemkot Tidore Diapresiasi Pemprov dan Mendagri


 Wali Kota Capt Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen. Foto: Istimewa Perbesar

Wali Kota Capt Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen. Foto: Istimewa

TIDORE – Kinerja dan capain laporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) berbasis aplikasi Pemerintah Tidore Kepulauan di bawah kepemimpinan Wali Kota Capt. Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen mendapat apresiasi Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia.

Apresiasi itu disampaikan
Asisten Bidang Pemerintahan Maluku Utara, Ir. Idham Umasangaji, disaksikan Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sri Purwaningsih, dalam acara rapat koordinasi dan fasilitasi penerapan SPM se-Provinsi Maluku Utara di Ternate, Rabu, (8/9).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kemendagri kami sangat mengapresiasi kinerja dan capaian laporan SPM dari Kota Tidore Kepulauan. Hormat kepada Pak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan atas capaian ini, semoga menjadi motivasi bagi daerah-daerah lain di Maluku Utara dalam menuntaskan penyampaian laporannya” ucap Idham, yang diamini pihak Kemendagri.

Rapat evaluasi itu, dihadiri 32 peserta dari 10 kabupaten/kota di
Maluku Utara.

Berdasarkan hasil evaluasi SPM untuk masing-masing daerah hampir semua kabupaten/kota di Maluku Utara capaian bidang SPM-nya masih ada yang nol terkecuali Kota Tidore Kepulauan yang dianggap capaian SPM paling baik.

Idham mengatakan Kota Tidore meraih predikat paling baik dengan capaian 71,16 persen walaupun capaian bidang sosialnya 13 persen namun tidak ada yang nol.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sri Purwaningsih
mengatakan, secara keseluruhan, capaian SPM di Provinsi Maluku Utara masih di angka 3,85 persen. Artinya masih tergolong rendah.

“Kami sangat berharap dengan capaian ini, Kota Tidore bisa dijadikan contoh untuk penyelesaian SPM bagi daerah-daerah lainnya di Maluku Utara” harapnya.

Terpisah, Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim capaian ini merupakan kerja keras dari Sekretaris Daerah dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah serta Aparatur Sipil Negara di Kota Tidore Kepulauan.

Karena sudah terbiasa dengan kinerja dan prestasi saya pun turut bangga dengan mereka,”ucap Wali Kota 2 Periode ini

Ia bilang, komitmen dirinya dengan Muhammad Sinen memberikan TPP bagi ASN benar-benar membuahkan hasil dan meningkatkan motivasi. Bagi dia,
capaian prestasi ini akan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan motivasi mereka kedepannya.

“Saya bersyukur dan perlu berterima kasih kepada pak Wakil, Sekda, pimpinan OPD dan seluruh ASN di Kota Tidore Kepulauan,”terangnya

Orang nomor satu di Pemkot
Tidore Kepulauan ini berharap agar prestasi ini tidak sekedar capaian administrasi belaka, tetapi benar-benar memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat.

“Karena tugas ASN adalah menuntaskan pelayanan urusan wajib mendasar bagi masyarakat, seperti standar pelayanan pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan sosial, dan itu yang paling utama,”tandas Ali yang juga Ketua Apeksi Komwil VI ini.


Penulis: Tim
Editor: Zulfikar Saman

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Soal Usulan Pejabat, Bupati Morotai Sebut Media Provokator

17 Mei 2022 - 11:43 WIT

Kuasa Hukum Tetap Mengawal Kasus Dugaan Penipuan di Halmahera Utara

16 Mei 2022 - 19:28 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

AWPI Halmahera Utara Sosialiasi Peran Media dan Perkara Hukum kepada Pelajar

12 Mei 2022 - 09:49 WIT

Trending di DAERAH