Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 26 Apr 2021 19:02 WIT ·

Diduga Mencemarkan Profesi Wartawan, Pemilik Akun Facebook Ekka Risjayanti Dipolisikan


 Ketua KJH Ruslan Habsy, saat diwawancarai sejumlah awak media usai membuat laporan di Polres Halbar. || Foto: Istimewa Perbesar

Ketua KJH Ruslan Habsy, saat diwawancarai sejumlah awak media usai membuat laporan di Polres Halbar. || Foto: Istimewa

JAILOLO– Pemilik akun Facebook bernama Ekka Risjayanti harus berurusan dengan hukum. Ia dilaporkan Ketua Komunitas Jurnalis Halmahera Barat (KJH) Ruslan Habsy, ke Polres Halbar Senin, (26/4). lantaran merasa dirugikan atas komentar Ekka terhadap postingannya melalui grup Halmahera Barat yang diduga melecehkan profesi wartawan.

Ekka yang merupakan warga Desa Lako Akelamo, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat itu, sempat menanggapi postingan Ruslan dengan redaksi bahasa yang menyebutkan “Ruslan Habsy satu-satunya wartawan yang suka biking berita atas dasar iri hati dengan dendam”.

Komentar Ekka jelas tidak melihat subtansi dari isi pemberitaan yang dibagikan Ruslan Habsy ke dalam grup Halmahera Barat. Sementara berita dengan judul “Ini Situasi Desa Kelahiran Wakil Bupati Halbar Paskah Pelantikan” itu, disampaikan langsung oleh Kepala Desa Lako Akediri sebagai sumber melalui sesi wawancara yang dilakukan Ruslan.

Screenshoot tulisan yang dianggap melecehkan jurnalis

Lantaran tidak puas, Ruslan lalu membawa bukti yang dimiliki dan langsung melaporkan Ekka ke Polres kini laporan Ruslan diterima pihak Polres dan ditindaklanjuti.

“laporan yang saya ajukan karena Ekka Risjayanti melanggar  Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang menyebabkan saya merasa dirugikan,”tegas Ruslan

Dia berharap, laporan tersebut bisa ditindaklanjuti Polres dan diproses hingga tuntas.

“Saya meminta pihak kepolisian  segera mengusut dan menindak pelaku. Pasalnya, tindakan dia (Ekka) saya merasa dirugikan
dan mencederai nama baik wartawan,”katanya

Bripda M Ahcmad, salah satu petugas piket yang menerima laporan tersebut, berjanji akan menindaklanjuti laporan ke Kapolres.

“Sekarang seluruh pengaduan kami telah terima dan akan kami serahkan ke Kapolres untuk diminta disposisi lanjutan atas dugaan perkara ini,”tandasnya.


Penulis: Tim
Editor: Zulfikar Saman

Artikel ini telah dibaca 234 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Soal Usulan Pejabat, Bupati Morotai Sebut Media Provokator

17 Mei 2022 - 11:43 WIT

Kuasa Hukum Tetap Mengawal Kasus Dugaan Penipuan di Halmahera Utara

16 Mei 2022 - 19:28 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

AWPI Halmahera Utara Sosialiasi Peran Media dan Perkara Hukum kepada Pelajar

12 Mei 2022 - 09:49 WIT

Trending di DAERAH