Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

Uncategorized · 9 Sep 2021 21:45 WIT ·

Disurati PT TUS, Kadis PUPR Halmahera Barat: Apa Perlu Ditanggapi ?


 Kadis PUPR Halmahera Barat || Foto: Istimewa Perbesar

Kadis PUPR Halmahera Barat || Foto: Istimewa

JAILOLO – PT Tugu Utama Sejati (TUS) menyurati Kepala Dinas PUPR Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Abubakar A Rajak, menanggapi surat pembatalan kontrak pembangunan proyek Jalan Sirtu di Desa Guaeria, Kecamatan Jailolo.

Adapun pembatalan kontrak yang dimaksud sudah termuat dalam pemberitaan di sejumlah media sebelumnya. Lewat surat yang dikeluarkan di Ternate, 10 Juli 2021. Direktur PT TUS menolak pembatalan kontrak tersebut sebagaimana diatur dalam tata cara pelelangan.


Bupati Halmahera Barat Diduga Bohongi Publik Soal Tender Ulang Proyek Jalan Guaeria

Kadis PUPR Halmahera Barat Tolak Berkomentar Soal Proyek Jalan Guaeria


Setidaknya, dalam foto surat yang dilihat zonamalut.id, ada lima poin alasan menolak pembatalan kontrak sebagaimana diatur dalam tata cara pelelangan sebagai berikut:

“Penawaran kami berdasarkan volume addendum yang terdapat dalam addendum dokumen lelang Nomor: 04/ADD.BLP/ PU-HB/II/2021, tanggal 11 Februari 2021, tidak melebihi nilai HPS sehingga dasar sehingga pembatalan lelang sebagai bagian audit Inspektorat tidak berdasar,”demikian poin surat tersebut dikutip Kamis (9/9). 

Kebenaran surat tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Direktur PT TUS, David Liangcy.

David menjelaskan volume pekerjaan dalam addendum dokumen lelang diatas adalah sah dan mengikat sebagai satu kesatuan dokumen sebagaimana tertulis dalam Pasal B.13.1Perubahan Dokumen Pemulihan dari Bab III Instruksi kepada peserta dari dokumen pemilihan nomor 04/SDP/PU-HB/2021.

“Sehingga volume yang menjadi dasar evaluasi penawaran adalah volume adendum dalam addendum dokumen lelang bukan volume dalam appendo,” demikian tertulis dalam surat yang juga ditembuskan ke Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat tersebut.

David bilang, tidak adanya sangahan banding sehingga proses selanjutnya sampai dengan penandatanganan kontrak dan proses pencairan uang muka dilaksanakan sesuai aturan dalam dokumen lelang dan Peraturan Presiden sehingga sah dan benar.

“Selain itu, tidak adanya pengumuman tender gagal dan atau tender ulang dalam SPSE untuk paket pembangunan jalan sirtu di Desa Guaeria sebagaimana ditentukan dalam pasal 39.3 dokumen lelang yaitu. Dimana setelah tender dinyatakan gagal, diumumkan kepada seluruh peserta melalui aplikasi SPSE. Sehingga kelanjutan proses kontrak sah dan benar,” tambahnya

Kata David, tidak ada hal-hal yang mengharuskan proses pelelangan dan penandatanganan kontrak paket pembangunan jalan sirtu di Desa Guaeria dinyatakan gagal.

“Perintah bupati selaku kepala daerah kepada kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang agar memerintahkan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) melakukan pelelangan ulang paket pekerjaan jalan sirtu di Desa Guaeria, Kecamatan Jailolo adalah proses intervensi dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai Barang dan Jasa,” tandasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Halbar, Abubakar A Rajak saat dikonfirmasi terkait  surat PT TUS yang menolak pembatalan kontrak tersebut menanggapi dengan santai. 

“Kalau surat begitu apa perlu ditanggapi,”kata Abubakar kepada zonamalut.com melalui pesan aplikasi Whatsapp malam ini.

Ia bilang, surat pemutusan kontrak  dari PT TUS kini sudah bersifat final.

“Karena dalam penjelasan Inspektorat pada minggu kemarin sudah jelas,”tegas Mantan Kadis PUPR Morotai ini


Penulis: Zulfikar Saman

Artikel ini telah dibaca 479 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KPK Sudah Petakan Celah Korupsi dalam Tata Kelola Pinjaman PEN Daerah

4 Februari 2022 - 14:55 WIT

Bupati Halmahera Barat Temui Massa Aksi, Akses Jalan Sidangoli-Jailolo Kembali Dibuka

27 Januari 2022 - 18:18 WIT

Kalahkan Tarau , Tobohoko Juara Turnamen Pemuda CUP III Sidangoli Dehe

26 Januari 2022 - 20:32 WIT

Karamat Dukung Kabinet Tauhid-Jasri

17 November 2021 - 12:23 WIT

SK Bupati Halmahera Barat Dianulir, 7 Pejabat Nonjob Kembali ke Posisi Semula

12 November 2021 - 20:33 WIT

Panitia Pilkades MKCM, Halmahera Utara Bantah Tidak Transparan dalam Setiap Tahapan

23 Oktober 2021 - 13:13 WIT

Trending di Uncategorized