Fokus ke Pengendalian Inflasi, Program Ketapang Jadi Prioritas DPKP Morotai

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pulau Morotai, M. Ali Agung Umar Pono || Foto: Istimewa

Program ketahanan pangan (Ketapang) di tahun 2024 ini menjadi prioritas oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Kepala DPKP Pulau Morotai, M. Ali Agung Umar Pono mengatakan, program ketahanan pangan ini didalamnya ada rica dan cabe rawit merah.

“Tapi, untuk saat ini kami lebih fokus ke pengendalian inflasi seperti penanaman padi ladang dan sawah,” kata Kadis, ketika di temui zonamalut.id diruang kerjanya, Selasa (02/07/2024).

Kadis bilang, saat ini kita sedang melakukan kroscek di beberapa desa selain dari Desa Aha yang kita melakukan pendampingan, ada juga di beberapa desa yang suda melakukan penanaman padi ladang dan sawah walaupun tidak begitu besar.

Seperti di Desa Aru, Desa Raja, Desa Bido, Desa Wewemo, dan Desa Bere-Bere.

“Jadi beberapa desa itu yang terdata saat ini, dan kurang lebih padi ladang dan sawah yang ditanam itu sudah hampir 400 hektar,” terangnya

Kadis berharap, penanaman padi ladang dan sawah ini kita selalu bersinergi dengan teman-teman di desa yang melakukan kegiatan penanaman.

“Karena kami juga akan selalu melakukan pendampingan, agar yang telah melakukan kegiatan penanaman padi ladang bisa maksimal,” imbuhnya

Selain itu, kata Kadis, bahwa saat ini juga terdapat usulan yang kami sudah ajukan yaitu pembagian padi sawah.

“Untuk padi sawah ini kita usulkan 600 hektar, dan paling lambat di bulan 9 atau 10 sudah direalisasikan,” tandasnya


Penulis: Faisal Kharie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *