Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

PULAU MOROTAI · 24 Agu 2021 13:03 WIT ·

Gelar Aksi, Pendemo Sebut DPRD Morotai Seperti Mayat


 Aksi Gamhas di Depan Kantor DPRD Kabupaten Pulau Morotai Perbesar

Aksi Gamhas di Depan Kantor DPRD Kabupaten Pulau Morotai

DARUBA – Puluhan mahasiswa Universitas Pasifik yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial (Gamhas), Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Kantor Bupati Pulau Morotai, Selasa (24/8).

Amatan zonamalut.id, Puluhan mahasiswa itu bergerak menuju Kantor DPRD pukul 09.00 WIT, Usai menyampaikan tuntutan di depan Kantor DPRD, puluhan mahasiswa kembali menuju Kantor Bupati untuk menyampaikan tutntutan mereka, dibawah pengamanan personil Polres Pulau Morotai.

Dalam tuntutannya, Mereka meminta DPRD dan Pemerintah Daerah Pulau Morotai segera tuntaskan krisis air bersih di Kota Daruba, segera bangun bak penampung air dan menambah mesin penyedot di Desa Muhajirin, minta kejelasan ranperda KDRT kepada DPRD, segera lanjutkan proses pembangunan talud di Desa Mira, serta Dinas Pertanian perlu lebih adil dalam menyikapi masaalah pertanian disetiap kelomok
Tani.

Kordinator Lapangan (Korlap) aksi, Abdurahman Saijati, dalam orasinya di depan Kantor DPRD menyampaikan, Aksi ini sebagai bentuk mosi tidak percaya DPRD dan pemerintah Daerah Pulau Morotai. Sebab, sejauh ini belum mampu menyelesaikan masalah yang sangat urgen di pulau morotai, baik masalah air bersih dan sejumlah talud yang hingga kini masih mengancam masyarakat hidup di pesisir pantai.

“Banjir yang sering terjadi di daerah Jawa atau Jakarta, dan morotai pun terjadi hal yang serupa khususnya krisis air bersih, kekerasan dalam rumah tangga, pembangunan talud penahan ombak, bantuan pertanian yang tidak merata dan lain seterusnya,”koar Abdurahman.

Abdurahman bilang, Gamhas memiliki data banding terkait massalah yang belum juga diseriusi oleh Pemerintah Daerah maupun DPRD. Misalnya disejumlah desa yang hingga kini sudah dibangun talud namun ada desa yang hampir semua rumah terjun ke laut karena belum ada talud.

“Kami punya data banding d tiga desa yang saat ini taludnya sudah selesai dibangun yakni, Desa Dokumira, Wewemo dan Buho-buho, hanya saja Desa Mira dan Desa Rahmat belum di bangun. Entah langkah Pemda seperti apa kami tidak tahu. Padahal, pernah juga ada 6 orang anggota DPRD turun di lapngan cek talud namun sampai saat ini belum juga diperbaiki,”jelasnya.

Untuk Desa Mira, lanjut Abdurahman, Itu hampir 7 rumah yang terjun ke laut, sementara Desa Rahmat taludnya rusak total kemudian pemukiman warga dan pekuburan juga sudah jatuh ke laut.

“Selain itu, Kami juga suarakan krisis air bersih di Desa Juanga ada beberpa desa lainnya yang kami investigasi. Misalnya Desa Rahmat mengalami krisis air bersih dan SP2,”tuturnya.

Tak hanya itu, Mereka juga menuntut Pemda dan DPRD segera mencarikan solusi terkait dengan masaalah banjir di Desa Gotalamo dan. Desa Muhajirin,

“Kami minta Pemda (DPU) segera selesaikan masalah talud dan banjir. Jika, tidak maka Gamhas menyatakan sikap mosi tidak percaya kepada DPRD dan Pemda. Sebab 5 dosa besar Pemda dan DPRD telah mati,”pintahnya.

Hal serupa disampaikan orator lainya, Adi mengatakan, Dari deretan problematika yang ada, semua disebabkan karena tidak ada sinergitas, politik atau tiga lembaga pemerintahan, tentu bisa dikatakan bahwa saat ini, DPRD Morotai bagaikan mayat yang tak bisa berbuat apa-apa dan Pemda Morotai bagaikan pendosa yang unggul dimata hukum.

“Bila 5 dosa sampai saat ini masi menjadi simpan siur maka kami tetap berteriak,”katanya.


Penulis: Faisal

Artikel ini telah dibaca 152 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

Polres Morotai Serahkan 2 Tersangka Kasus Narkoba ke Jaksa

11 Mei 2022 - 17:20 WIT

Pintu Otomatis Kantor Bupati Morotai Nyaris Makan Korban

11 Mei 2022 - 15:54 WIT

Oknum Pemdes di Morotai Diduga Cabuli Anak Tirinya

11 Mei 2022 - 13:25 WIT

Trending di DAERAH