Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 4 Mar 2021 19:12 WIT ·

Ini Tiga Program Unggulan Bupati Halmahera Barat Bangkitkan Ekonomi Masyarakat


 Bupati Halmahera Barat, James Uang || Foto: Erdhit Senen Perbesar

Bupati Halmahera Barat, James Uang || Foto: Erdhit Senen

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara, James Uang bakal mencanangkan sejumlah program unggulan melalui penggunaan Dana Desa (DD) maupun Aanggaran Pendapatan Belanja dan Belanja Daerah (APBD) 

Sejumlah program yang akan dicanangkan oleh orang nomor satu di Kabupaten Halmahera Barat itu diantaranya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui sektor pertanian untuk para petani di desa-desa, implentasi halbar terang. Kemudian pengembangan dana SDM seperti bantuan program beasiswa perguruan tinggi bagi mahasiswa.

“Sehingga nanti kita akan dorong program ini, karena program ini ada juga sebagian di tangani oleh kabupaten dan ada sebagian ditangani oleh desa,”kata James saat dikonfirmasi sejumlah awak media usai menggelar pertemuan perdana bersama seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Halmahera Barat di Aula Bidadari, Kamis (4/3).

James bilang, program implementasi Halbar terang ini jelas sudah tertuang dalam Peraturan Mentri Desa (Permendes) nomor 13 di mungkinkan dipakai melalui dana desa.

“Bisa dipakai menggunakan pengadaan lampu jalan di kampung masing-masing, karena kalau desa itu menjadi terang maka tingkat kenakalan pun akan berkurang dan ini akan kita lakukan,”katanya

Selain itu, kata dia, pengembangan dana SDM seperti bantuan program beasiswa perguruan tinggi bagi mahasiswa melalui dana desa pun sudah dibenarkan oleh Permendes.

“Dana Desa itu bisa digunakan untuk menampung penghasilan beasiswa bagi anak-anak di desa yang sedang menempuh sekolah di perguruan tinggi pada Starata-1 (S1).

“Sedangkan untuk S2 dan S3 mungkin ditanggulangi dari pemerintah daerah agar supaya kita bahu membahu untuk bagaiamna mendorong pembinaan SDM bagi anak-anak yang sedang kulia baik itu melalaui ADD maupun APBD Kabupaten,”tandas Mantan Anggota DPRD Halmahera Barat empat periode itu


Penulis: Zulfikar Saman

Artikel ini telah dibaca 634 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Capai Target Vaksinasi, Pemda Morotai Diberikan Penghargaan

22 Januari 2022 - 18:55 WIT

Sejumlah Daerah dan BUMN Dapat Penghargaan Dari Gubernur Malut

22 Januari 2022 - 18:09 WIT

Pembangunan Panggung Live Music dan WFC Zona II di Morotai Rp 19,9 Miliar

22 Januari 2022 - 14:54 WIT

Februari, Bupati Morotai Bakal Resmikan Semua Fasilitas Wisata

22 Januari 2022 - 14:39 WIT

Kejari Halmahera Utara Resmi Tahan 2 Tersangka Korupsi Dana Hibah Panwaslu

22 Januari 2022 - 12:13 WIT

Tumbangkan Tobelo Utara, Basanohi FC Optimis Juara Piala Bupati Cup II

21 Januari 2022 - 20:28 WIT

Trending di DAERAH