Jam Pimpinan, Dandim 1514/Morotai Tekankan Netralitas Personil dan PNS Kodim

Dandim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal ketika memberikan arahan kepada personil || Foto: Istimewa

Dandim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal, mengambil Jam Pimpinan kepada personel dan PNS Kodim 1514/Morotai terkait aturan, Netralitas serta tugas dan tanggungjawab Babinsa di wilayah binaan masing-masing.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang aula lantai dua Makodim 1514/Morotai Desa Muhajirin Baru, Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada Senin (08/01/2024).

Dandim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal dalam pengarahannya menyampaikan, Aturan pada Pemilu 2024 yang harus dipedomani personil Kodim 1514/Morotai.

Diantaranya, penjelasan sebelum dan sesudah pemungutan, tindakan yang dilakukan pada saat berada di tempat pemungutan suara (TPS), tindakan setelah pemungutan suara.

Tindakan terhadap pelaku kriminal selama pemilu, prinsip penggunaan kekerasan membela diri, tata cara membela diri, penangkapan, penahanan dan penyitaan.

“Jadi TNI sebagai perbantuan/backup,” kata Dandim.

Dandim bilang, para prajurit dapat pedomani dan laksanakan buku netralitas TNI yang sudah dibagikan.

“Laksanakan pemantauan pemungutan setiap TPS dan berkoordinasi dengan Kepolisian, serta pedomani jarak yang sudah ditentukan,” imbuhnya

Dikesempatan tersebut, Dandim meminta kepada jajaran Koramil agar laksanakan karya bakti, dalam rangka mengantisipasi banjir dan tanah longsor pada saat musim hujan.

Tingkatkan peran Babinsa di wilayah, untuk melaksanakan tugas dan mendapatkan hasil sesuai harapan pimpinan Angkatan Darat.

“Para Babinsa harus mencari tahu dan memahami permasalahan yang ada di Desa untuk mencari solusi, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” pintahnya

Dandim berharap, seluruh anggota Kodim 1514/Morotai agar selalu menjaga integritas, disiplin, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai bagian dari TNI, sehingga dapat mendukung tercapainya keberhasilan tugas pokok.

“Jadi para prajurit tetap berhati-hati, patuhi penekanan Panglima TNI dan perintah harian Kasad tentang netralitas TNI. Netralitas harus dijunjung tinggi dengan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI serta hadirkan dan jalankan 1000 manfaat Babinsa di wilayah binaan,” harapnya

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1514/Morotai Letkol Arh Masykur Akmal, Kapten Inf Sujiono Sumargo (Pasi Log), Kapten Inf Abdul Malik Fudji (Pasi Ops).

Lettu Inf Abdul Basyir Ely (Pasi Pers), Letda Inf Mustafa Patty (Danunit), Letda Inf Visno Bitjoli (Pa Sandi) serta Personel Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 1514/Morotai sebanyak 102 Orang.


Penulis: Rilis
Editor: Faisal Kharie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *