Jelang Pencoblosan Pilkades, ASN Diminta Jaga Netralitas

Ketua Panwasdes Moiso, Adan Wahab || Foto: Istimewa

Ketua Panitia Panwas Desa (Panwasdes) Moiso, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Adan Wahab mengimbau kepada seluruh ASN untuk menjaga netralitas menjelang pencoblosan Pemilihan Kepala Desa serentak 2022. Menyusul maraknya sikap dukung-mendukung di tengah masyarakat.

“ASN itu betul-betul harus mampu menjaga netralitas. ASN harus netral dan tidak boleh ikut politik praktis. Ini bagian dari kerja kami selaku pengawas untuk memastikan teman-teman ASN bisa bersikap netral,” kata Adan kepada zonamalut.id (13/8).

Sekretaris Desa Moiso ini menegaskan, ketidaknetralan ASN dapat mempengaruhi kebijakan pelayanan publik. Menurutnya masyarakat bisa saja mendukung, tapi ASN tidak diperboleh, sebab sudah ada undang-undang
mengaturnya.

“Belakangan ini sudah banyak laporan yang kami terima dari masyarakat, adanya beberapa ASN yang dengan terang-terangan melakukan konsolidasi, jika memang itu terbukti kami tetap proses sesuai prosedur yang ada,” tegasnya

Ia bilang, dalam Pilkades serentak ASN memang diberi ruang di bilik suara untuk memilih, tetapi selebihnya di ruang publik, mereka tidak boleh memihak.

“Seorang ASN tidak boleh memihak. Jadi, kita tidak boleh ikut kampanye, bahkan komen di media sosial media dengan like dan dislike foto, video, atau sebagainya. Itu termasuk hal-hal yang dilarang,” ujar dia (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *