Karyawan Indotan Group Mengenal “Bantuan Hidup Dasar” Sebagai Langkah Awal Tindakan Penyelamatan

Peka dan peduli terhadap kesehatan & keselamatan sesama, menjadi modal yang ditanamkan kepada seluruh karyawan Indotan Group termasuk di dalamnya PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) melalui pelatihan Bantuan Hidup Dasar. Pelatihan ini dilaksanakan pada 27 Februari 2024 di ruang meeting lantai 2 Kantor Indotan Group Jakarta, diikuti puluhan karyawan lintas departemen.

Bekerja sama dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, pelatihan ini menghadirkan Perawat Ayub Widodo sebagai Pemateri. Dalam pemaparannya, Ayub menjelaskan bahwa Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan pengetahuan tentang pertolongan pertama yang dilakukan pada korban henti jantung atau henti napas, tanpa menggunakan alat-alat kesehatan. Ia juga mempraktikkan langsung langkah-langkah melakukan BHD yang benar dan sesuai prosedur kesehatan dan memberi kesempatan untuk karyawan mencoba praktik. “Dengan menguasai BHD, kita bisa menyelamatkan banyak nyawa secara cepat dan tepat,” ucap Ayub.

Koordinator Kesehatan Indotan Group, Stevani Evi menyampaikan pentingnya pengetahuan BHD di lingkungan kantor. “Menanamkan kemampuan pertolongan pertama kepada karyawan akan sangat berguna jika terjadi hal-hal darurat baik di dalam lingkungan kantor, maupun di tempat umum. Kunci utamanya jangan panik. Kita harus tenang jika berhadapan dengan kondisi darurat sehingga bisa berpikir jernih sambil menerapkan prosedur pertolongan pertama,” ujarnya.

Evi juga menambahkan bahwa rencananya akan ada beberapa materi pelatihan lainnya dan sharing seputar kesehatan untuk karyawan Kantor Indotan Group Jakarta. “Dalam waktu dekat akan ada sharing seputar GERD atau asam lambung, karena kita akan segera menyambut Bulan Ramadhan. Kami juga menerima jika ada masukan dan saran terkait topik apa lagi yang dirasa perlu dihadirkan dalam sharing kesehatan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SDM/Training & GA Indotan Group Yooshy Chandra mengatakan melalui pelatihan ini diharapkan kemampuan pertolongan pertama bisa merata kepada seluruh karyawan di berbagai area kerja Indotan Group. “Seperti yang kita tahu di Tambang Emas Gosowong Gosowong salah satu mandatory training/pelatihan wajib yaitu First Aid. Melalui BHD ini menjadi salah satu wadah untuk pemerataan kemampuan melakukan pertolongan pertama bagi karyawan. Ke depannya kami berharap bisa meningkatkan kegiatan ini agar lebih formal dan tersertifikasi,” ujar Yooshy.


Penulis: Zulfikar Saman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *