Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 9 Sep 2021 17:38 WIT ·

Kejari Morotai Menang Praperadilan Kasus KPM Jilid II


 Kajari Pulau Morotai, Sobeng Suradal dan Kasi Pidsus Kejari Morotai, David || Foto: Ical Perbesar

Kajari Pulau Morotai, Sobeng Suradal dan Kasi Pidsus Kejari Morotai, David || Foto: Ical

DARUBA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara berhasil memenangkan Praperadilan kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) anggaran Kantor Perwakilan Morotai (KPM) Jilid II di Jakarta Tahun 2015 senilai Rp 2 miliar lebih, yang melibatkan nama Tersangka kepala Kantor KPM inisial MAH.

Data yang diperoleh zonamalut.id, Pengajuan praperadilan yang dilakukan oleh tersangka MAH di Pengadilan Negeri (PN) Tobelo melalui kuasa hukumnya itu sejak tanggal 9 Agustus tahun 2021, dan hasilnya PN Tobelo memutuskan Kejari Morotai menang dalam praperadilan pada Senin tanggal 6 September.

Kepala Seksi (Kasi) Pidsus Kejari Pulau Morotai, David, ketika dikonfirmasi zonamalut.id membenarkan adanya kasus KPM Jilid II yang dimenangkan dalam praperadilan kemarin.

“Iya betul tersangka MAH melakukan praperadilan melalui kuasa hukumnya, dan hasil dari praperadilan itu kami menang,”jelas David, Kamis (9/9).

David bilang, MAH mengajukan gugatan praperadilan di PN Tobelo itu karena dia (MAH) menilai bahwa penetapan tersangka yang dilakukan oleh Kejaksaan Morotai pada tanggal 21 Juli 2021 terhadap dirinya itu tidak Sah.

“Jadi, yang menjadi objek praperadilan tidak Sahnya itu adalah penetapan tersangka yang dilakukan Kejaksaan Morotai Pulau Morotai,”katanya.

Ia menambahkan, Kasus ini secepatnya kami akan sidangkan di Pengadilan Negeri Ternate, karena setelah ini akan dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka.

“Dalam waktu dekat, kami akan panggil MAH untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan,”tandasnya.


Penulis: Faisal

Artikel ini telah dibaca 517 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Soal Usulan Pejabat, Bupati Morotai Sebut Media Provokator

17 Mei 2022 - 11:43 WIT

Kuasa Hukum Tetap Mengawal Kasus Dugaan Penipuan di Halmahera Utara

16 Mei 2022 - 19:28 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

AWPI Halmahera Utara Sosialiasi Peran Media dan Perkara Hukum kepada Pelajar

12 Mei 2022 - 09:49 WIT

Trending di DAERAH