Kenapa Banyak Anak Muda Ingin Bekerja sebagai PNS?

Ilustrasi PNS | Foto: Anatara

Baru-baru ini, kabar terkait pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat. Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan rencana pembukaan seleksi CPNS pada 2023 ini melalui kanal Youtube Kementerian PANRB.

Meski belum ada informasi resmi kapan seleksi CPNS kembali dibuka, rencana yang disampaikan Anas tersebut membawa angin segar bagi berbagai kalangan masyarakat, termasuk anak muda. Bahkan, PNS masih menjadi pekerjaan yang banyak digemari.

Keinginan anak muda untuk bekerja sebagai PNS dipicu oleh beberapa hal, tak terkecuali berbagai macam benefit yang diterima pegawai saat bekerja hingga pensiun. Berikut ini alasan kenapa anak muda ingin bekerja sebagai PNS.

1. Mendapatkan Jaminan Pensiun

Hidup PNS terjamin secara finansial oleh negara tidak hanya saat menjadi pegawai, namun memasuki masa pensiun pun masih terjamin. Hal inilah menjadi salah satu daya tarik anak muda ingin menjadi PNS. Bahkan, terdapat kebijakan baru dalam pemberian dana pensiunan menjadi fully funded.

Selain itu, jumlah dana tidak hanya dihitung dari gaji pokok, namun juga tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. Dengan demikian, iuran yang dibayar PNS akan lebih besar dan pensiun yang diterima juga akan lebih besar dari yang diterima saat ini.

2. Gaji

Selain jaminan pensiunan, gaji PNS juga menjadi pertimbangan anak muda saat ini. Selain fasilitas dan berbagai tunjangan, gaji yang diberikan oleh negara bisa dikatakan cukup untuk kebutuhan hidup. Pemerintah telah menerbitkan peraturan tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Untuk kisaran gaji pokok, golongan I berkisar antara Rp1,56 juta hingga Rp2,68 juta. Kemudian, golongan II berkisar antara Rp2 juta hingga Rp.3,80 juta. Sementara itu, golongan III berkisar antara Rp2,57 juta hingga Rp4,79 juta. Adapun golongan IV berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5,9 juta.

3. Bebas PHK

Benefit yang satu ini juga menjadi pertimbangan yang penting bagi anak muda. Berbeda dengan bekerja di korporat ataupun semacamnya, mereka cenderung akan merasa tenang jika menjadi PNS karena aman dari pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh negara.

Di dalam undang-undang PNS, tidak ada aturan untuk PHK, tetapi pegawai akan diberhentikan dengan hormat dan tidak hormat jika memang tidak sesuai dengan undang-undang dan terkena kasus berat, seperti kriminal.

4. Gengsi Sosial

Stigma masyarakat menganggap pekerjaan sebagai PNS akan terjamin secara finansial seumur hidup. Selain itu, lolos seleksi CPNS yang sangat sulit dengan persaingan ketat membuat anak muda menjadi bangga akan dirinya sendiri.

Hal ini selaras dengan pernyataan Medrial Alamsyah, Pengamat Reformasi Birokrasi Indonesia melalui VICE, bahwa secara antropologi dan sosiologi, PNS dianggap sebagai kelompok feodal, yakni kelompok elite yang memiliki kedudukan terhormat di masyarakat.

5. Kerja santai

Hingga kini, berbagai kalangan masyarakat, termasuk anak muda menganggap bahwa PNS termasuk pekerjaan yang terlepas dari tekanan. Menurut Medrial Alamsyah, beban kerja PNS relatif gampang tanpa peduli jiwa entrepreneurship untuk berusaha dan berinovasi.

Tips Mempersiapkan Diri Jadi PNS

Sebelum mendaftar jadi PNS, alangkah baiknya perlu mempersiapkan diri sedini mungkin, mengingat seleksi CPNS begitu sulit dan ketat. Anak muda akan bersaing dengan banyak orang dari berbagai usia untuk memperebutkan jumlah posisi yang jauh lebih sedikit.

1. Pahami Hak dan Kewajiban PNS

Memahami hak dan kewajiban PNS perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk mendaftar CPNS. Selain lebih jelas, anak muda tidak akan merasa kecewa jika ekspektasi di awal berbeda dengan di akhir. Pada seleksi CPNS 2021 lalu, banyak calon pegawai justru mengundurkan diri setelah dinyatakan lolos seleksi.

2. Pahami Tahapan Seleksi CPNS

Kemudian, anak muda perlu memahami tahapan seleksi CPNS secara menyeluruh untuk menghindari kebingungan dan kesalahan teknis yang dapat menggugurkan peserta. Tahapan seleksi tersebut dapat dilihat melalui laman resmi BKN.

3. Belajar dengan Rajin

Tentunya, mengatur jadwal belajar dan perbanyak latihan soal sangat perlu dilakukan. Selain membiasakan diri dalam mengerjakan soal, belajar sedini mungkin secara konsisten dapat membantu menenangkan mental dan memudahkan saat mengerjakan soal tes.

4. Ikuti Kabar Terkini tentang PNS

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi terkait kapan selesi CPNS diadakan kembali. Oleh sebab itu, ikuti terus kabar terkini tentang PNS, seperti pendaftaran, kebijakan baru, dan perubahan peraturan, melalui situs resmi dan media sosial BKN maupun Kementerian PANRB agar tidak tertinggal informasi terkini.


_____________
Sumber: trivia.wartaekonomi.co.id

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *