Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 16 Agu 2021 18:43 WIT ·

Kisah Kades Lako Akediri Bikin Haru, Hidup Pas-pasan Gajinya masih Disumbangkan ke Rakyat


 Kades Lako Akediri, Samsu Miradji || Foto: Istimewa Perbesar

Kades Lako Akediri, Samsu Miradji || Foto: Istimewa

JAILOLO – Samsu Miradji, Kepala Desa Lako Akediri Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara punya kisah hidup yang mengharukan.

Pria yang karib disapa pak Sam ini tinggal bersama ibunya yang kini sudah berusia 79 tahun dan mengasuh seorang nenek kerabat dekat yang berusia sebayah dengan ibunya.

Kehidupan Samsu, berbeda dengan kepala desa lainnya yang memiliki jabatan, dan mengelolah anggaran desa yang terbilang begitu besar.

Samsu dibesarkan dari keluarga sederhana, saat ini ia menempati rumah milik orang tuanya dengan perabot di dalam rumah hanya satu pasang kursi sofa bekas yang dibeli dari tukang kursi, dan kursi yang dibeli tanpa spons. Terlihat kursi itu disiasati dengan menaruh papan dan dialas dengan beberapa lembar karpet bekas.

Meski rumahnya beton dan beratap seng gelombang, namun dinding rumah di ruang tamu terlihat mulai retak, dapur beratap Rumbia dan berlantai tanah.

Ketika kru zonamalut mengunjungi rumahnya melihat kamar mandi dan toilet tidak ada atap dan pintu. Hanya dua lembar seng gelombang ditutup di atas bangunan kamar mandi dan WC yang luasnya berkisar 1,5 meter persegi.

Setelah menyinggung dengan situasi kamar mandi tersebut. Suami Sumyati ini malah tertawa hingga terlihat mengigit rahang dalamnya dan seraya ikut bercanda mengatakan itu proyek yang tidak tuntas karena anggaran habis.

Samsu merupakan satu-satunya Kepala Desa di Halmahera Barat
yang cukup banyak menganggarkan perahu viber untuk para nelayan di desanya. Bahkan desa ini dikategori pengekspor ikan tuna terbanyak di Halbar.

Meskipun kategori pengekspor ikan tuna terbanyak. Samsu tidak pernah sedikit pun mengambil
jata ikan makan dari nelayan saat mereka pulang melaut. Ia mengaku malu dan tidak tega mengambil ikan dari hasil jerih paya warga.

“Banyak warga yang datang meminta ikan saat nelayan pulang melaut. Jadi kalau saya minta lagi akan nelayan pulang hasil pokok,”kata samsu sambil tertawa

Kepada zonamalut, mertua Samsu pun mengaku bingung dengan sikap Samsu yang tidak pernah memperhatikan keadaan rumahnya.

“Saya juga heran anak mantu (Samsu-red) ini, adalah kepala desa dua periode tapi rumahnya hampir roboh tapi dia tidak menyadari itu,” ungkap mertua Samsu 

Sementara itu, istri samsu, Sumiati Sehe menceritakan, anak-anaknya merindukan makan nasi, tetapi kadang-kadang tidak terpenuhi. Karena gaji suaminya sudah dipakai untuk berbagi ke orang yang membutuhkan sehingga mereka memilih makan pisang.

“Kadang anak-anak ingin makan nasi kalau pak kepala belum ada doi, maka tetangga sering kase dua sampai 3 cupa beras untuk sekali makan,”tutur

Ketua BPD Lako Akediri, Hairun yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, setiap program yang ada di desa seluruhnya di prioritaskan untuk kepentingan masyarakat, mulai dari sektor perikanan, pertukangan dan prawisata.

“Bahkan gajinya sering dibagi keorang-orang sampai habis. Terkadang siang hari terima gaji, malam dia minta dibeli rokok oleh kerabat dekatnya,”kata Hairun

Hairun bilang, setiap program berupa fisik yang dianggarkan meski ada upah untuk pekerja, Samsu biasanya turun tangan bekerja sendiri sampai proyek itu selesai.

“Orang lain yang ambil upah kong dia kerja sampai selesai. Kadang sampai warga kasihan.


Penulis: Tim

Artikel ini telah dibaca 1.275 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Capai Target Vaksinasi, Pemda Morotai Diberikan Penghargaan

22 Januari 2022 - 18:55 WIT

Sejumlah Daerah dan BUMN Dapat Penghargaan Dari Gubernur Malut

22 Januari 2022 - 18:09 WIT

Pembangunan Panggung Live Music dan WFC Zona II di Morotai Rp 19,9 Miliar

22 Januari 2022 - 14:54 WIT

Februari, Bupati Morotai Bakal Resmikan Semua Fasilitas Wisata

22 Januari 2022 - 14:39 WIT

Kejari Halmahera Utara Resmi Tahan 2 Tersangka Korupsi Dana Hibah Panwaslu

22 Januari 2022 - 12:13 WIT

Tumbangkan Tobelo Utara, Basanohi FC Optimis Juara Piala Bupati Cup II

21 Januari 2022 - 20:28 WIT

Trending di DAERAH