Kolaborasi Kodim 1514/Morotai dan Kelompok Tani Hasilkan Panen Buah Melon Putih Hibrida

Dandim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal ketika memanen buah melon dilahan pangan Kodim Morotai || Foto: Istimewa

Dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan, Dandim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal, S.T., M.T., bersama Babinsa dan kelompok tani, melaksanakan panen raya buah melon putih hibrida F1 di lahan ketahanan pangan Kodim 1514/Morotai,

Panen buah melon ini bertempat Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada Sabtu (06/07/2024).

Dandim menyampaikan, alhamdulillah saat ini kami sudah bisa memanen buah melon putih hibrida F1 di lahan pangan Kodim 1514/Morotai, tepatnya di Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan.

“Jenis melon putih hibrida F1 ini memiliki berat sekitar 2,5 kilogram dengan usia tanam sekitar 65 hari,” kata Dandim.

Dandim bilang, saat ini Pulau Morotai sedang musim hujan sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk tanaman ini.

“Kami juga sudah membuat bedengan sehingga air tidak banyak diserap oleh tanaman melon hibrida F1 ini,” terangnya

Sementara itu, Babinsa Dehegila Pratu Dandi Ibrahim, mengatakan proses tanam hingga panen ini. Kami bersama kelompok tani yang dibentuk oleh Kodim 1514/Morotai telah berhasil membudidayakan buah melon putih hibrida F1.

“Mulai dari pentahapan pengolahan lahan sampai dengan tahapan pemanenan,” jelas Babinsa.

Babinsa menuturkan, awal penanaman dimulai dengan menyiapkan lahan dan membuat bedengan, kemudian kami melakukan pemupukan dasar menggunakan kompos pupuk organik untuk menanam biji melon tersebut.

Setelah 10 hari, kami melakukan pemupukan pertama dan penyemprotan insektisida setiap 7 hari sekali untuk mengendalikan hama.

“Terutama di musim penghujan ini karena banyak penyakit yang menjadi kendala di kebun kami,” ungkapnya

Selain itu, tambah Babinsa, proses pemupukan dilakukan setiap 10 hari sekali hingga bulan Juli ini kami sudah melakukan pemanenan, tepatnya setelah 65 hari pasca tanam.

“Penanaman dilakukan pada minggu keempat di bulan April dan panen di minggu pertama bulan Juli. Buah melon yang dipanen memiliki berat sekitar 2,5 kilogram,” tutupnya


Penulis: Rilis
Editor: Faisal Kharie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *