Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 24 Des 2021 15:35 WIT ·

Mahasiswa Prodi THP UMMU Ternate, Jalani Magang PKKM Afirmasi di PT. Harta Samudra


 Foto bersama Dosen dan Mahasiswa THP UMMU Ternate di PT. Harta Samudra || Foto: Istimewa Perbesar

Foto bersama Dosen dan Mahasiswa THP UMMU Ternate di PT. Harta Samudra || Foto: Istimewa

Sebanyak 20 orang Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate, resmi menjalani magang Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi di PT. Harta Samudra, Desa Daeo Majiko Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, sejak Senin tanggal 20 Desember 2021.

Ini dilakukan, dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar Kampus.

Dekan Fakultas Pertanian dan Perikanan UMMU Ternate, Dr. Ahmad Talib mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh puluhan mahasiswa THP UMMU Ternate ke PT. Harta Samudera, merupakan Progam Magang PKKM Afirmasi yang diselenggarakan oleh program studi THP.

“Ini adalah bagian dari kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan dunia kerja secara langsung sebagai persiapan karier masa depan,”ucap Ahmad, kepada zonamalut.

“Dimana melalui program yang diselenggarakan selama 1-2 semester dengan konversi SKS setara 20 SKS untuk 1 semester, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengimplementasikan pengetahuan yang telah didapat selama proses perkuliahan,”sambungnya.

Ahmad bilang, pada tahap awal pelaksanaan program magang PKKM Afirmasi ini, mahasiswa program studi THP akan diterjunkan untuk bekerja dengan PT. Harta Samudera, sebagai implementasi awal dalam persiapan MoU dengan perusahaan tersebut.

“Jadi tahap selanjutnya akan dilakukan MoU dengan PT. Harta Samudera, dalam menyikapi perkembangan jaman serta teknologi sehingga program studi teknologi hasil perikanan akan berkolaborasi dengan PT. Harta Samudera untuk mengembangkan inovasi produk dengan perusahaan tersebut,”katanya.

Tujuan melakukan MoU dengan perusahaan itu, lanjut Ahmad, untuk meminimalkan limbah dan meningkatkan ketermanfaatan dalam berbagai produk yang diversifikasi dari limbah.

“Seperti proses penanganan tuna loin, dan ini merupakan bagian dari rencana program studi THP sesuai dengan visi dan misi serta tujuan sasaran,”terangnya.

Sementara, Ketua Program Studi THP UMMU Ternate, Umar Tangke mengungkapkan, dalam program tersebut, masyarakat juga dilibatkan sebagai penilai aktivitas kegiatan mahasiswa di lapangan.

“Kegiatan PKKM Afirmasi ini masyarakat juga dilibatkan sebagai peniliai aktivitas kegiatan untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan (CPL), dan keterlibatan masyarakat sebagai pembimbing dan penilai perilaku mahasiswa dalam hal sikap, karena mahasiswa magang diturunkan itu berbaur dengan kelompok masyarakat Desa Daeo selama proses magang PKKM Afirmasi berjalan,”ungkap Umar.

Umar berharap, agar dalam kegiatan magang PKKM Afirmasi ini mahasiswa tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan hard skill maupun soft skill. Tapi diharapkan mempunyai kapasitas baru untuk menjadi SDM yang siap di masa depan.

“Membangun relasi dengan mitra Kampus Merdeka, serta menjadi pemimpin masa depan yang menghargai keanekaragaman dan menghargai orang lain,”harapnya.

“Kagiatan ini juga memberikan manfaat lebih yakni, proses perkuliahan mahasiswa yang lebih fleksibel, agar terlepas dari belenggu kampus dan lebih leluasa bergerak serta mahasiswa lebih siap menghadapi dunia pasca kampus dengan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran mengenai dunia kerja dengan sasaran memperluas networking dan pengalaman belajar di luar prodi maupun universitas, mendapatkan kesempatan belajar secara langsung dengan praktisi yang berkompeten di bidangnya,”imbuhnya.

Diketahui, para Dosen yang hadir dalam pelaksanaan penyerahan 20 mahasiswa Prodi THP UMMU Ternate ke PT. Harta Samudera untuk melaksanakan magang PKKM Afirmasi itu yakni, Dr. Ahmad Talib, SP, M.Si, Umar Tangke, S.Pi, M.Si, Ruslan A Daeng, S.Pi. M.Si, Aisyah Bafagih, S.Pi M.Si, Sitkun Deni, S.Pi. M.Si, Syahnul Titaheluw, S.Kel. M.Si, dan Azis Husen, S.Pi. MP.

Penulis: Faisal

Artikel ini telah dibaca 66 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Capai Target Vaksinasi, Pemda Morotai Diberikan Penghargaan

22 Januari 2022 - 18:55 WIT

Sejumlah Daerah dan BUMN Dapat Penghargaan Dari Gubernur Malut

22 Januari 2022 - 18:09 WIT

Pembangunan Panggung Live Music dan WFC Zona II di Morotai Rp 19,9 Miliar

22 Januari 2022 - 14:54 WIT

Februari, Bupati Morotai Bakal Resmikan Semua Fasilitas Wisata

22 Januari 2022 - 14:39 WIT

Kejari Halmahera Utara Resmi Tahan 2 Tersangka Korupsi Dana Hibah Panwaslu

22 Januari 2022 - 12:13 WIT

Tumbangkan Tobelo Utara, Basanohi FC Optimis Juara Piala Bupati Cup II

21 Januari 2022 - 20:28 WIT

Trending di DAERAH