Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 24 Mei 2021 19:15 WIT ·

Masa Akhir jabatan Hendrata Thes, Pemkab Kepulauan Sula Raih WTP


 Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes terima penghargaan WTP. || Foto: istimewa Perbesar

Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes terima penghargaan WTP. || Foto: istimewa

Sula – Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kepulauan Sula kembali menuai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara. Raihan membanggakan tersebut disambut syukur oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula yang hadir, dalam penerimaan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD, Jumat (21/5/2021).

Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes menyampaikan rasa bersyukur, karena opini WTP Tahun Anggaran 2020 ini merupakan kedua kalinya secara berturut-turut bagi Kabupaten Kepulauan Sula di era kepemimpinan kami.

“Ini jelas membuktikan komitmen kami dalam upaya mempertahankan kinerja keuangan daerah yang transparan dan akuntabel, mendapat pengakuan dari BPK RI,” ungkap Bupati Kepulauan Sula Hendra Thes usai menerima hasil LHP.

Hendrata juga mengaku, capaian ini merupakan tindaklanjut dari sejumlah catatan dari para pemeriksa seperti, kelengkapan data dukung terkait kepemilikan aset daerah.

“Meskipun kita sudah meraih WTP secara beruntun, tapi saya selalu memberikan warning kepada semua pimpinan OPD bahwa untuk meraih opini WTP ini memerlukan kerja keras serta komitmen yg tinggi,akan tetapi lebih sulit lagi dalam usaha kita mempertahankan opini tersebut,” jelasnya.

Tanggapan positif atas capaian WTP tersebut juga diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sula Sinaryo Thes. Menurutnya, hasil audit BPK yang di dalamnya ada masukan dan koreksi dari BPK RI akan menjadi pijakan kerja sama antara eksekutif dan legislatif dalam menyusun rencana kinerja pemerintah daerah.

“Predikat WTP yang berhasil diraih menjadi tantangan bagi kami untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah, menuju pemerintahan yang lebih transparan di masa mendatang,” tandasnya.

Penyerahan LHP BPK RI perwakilan provinsi Maluku Utara diserahkan Langsung oleh ketua Ir. Hermanto,M.Si.,CSFA
kepada perwakilan 10 kabupaten kota di Propinsi Maluku Utara, dari 10 kabupaten kota hanya 9 yang menerima prediksi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kecuali kabupaten pulau Taliabu yang pemerima predikat ” tidak menyatakan pendapat” atau dibawah disclamer

Selain meraih predikat WTP, Kabupaten Kepulauan Sula juga meraih penghargaan dengan kategori pemerintah daerah paling produktif dalam menanggapi pemeriksaan semester I Tahun 2021.

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan daerah, meskipun di tengah masa pandemi Covid-19 tetap optimal, termasuk alokasi anggaran untuk percepatan penanganan wabah.


Penulis : Imelda
Editor: Chaca

Artikel ini telah dibaca 155 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Soal Usulan Pejabat, Bupati Morotai Sebut Media Provokator

17 Mei 2022 - 11:43 WIT

Kuasa Hukum Tetap Mengawal Kasus Dugaan Penipuan di Halmahera Utara

16 Mei 2022 - 19:28 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

AWPI Halmahera Utara Sosialiasi Peran Media dan Perkara Hukum kepada Pelajar

12 Mei 2022 - 09:49 WIT

Trending di DAERAH