MK Tolak Gugatan Caleg PKB Soal Selisih Suara di Dapil III Halmahera Barat

Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan tidak menerima gugatan atau permohonan perkara PHPU Pileg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Dapil Halmahera Barat.

Permohonan tersebut teregistrasi dengan nomor: 162-02-01-32/PHPU.DPR.DPRD-XXII/2024. Berlaku sebagai pihak pemohon adalah PKB dan sebagai pihak termohon adalah KPU.

Diketahui Permohonan Gugatan tersebut diajukan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke Mahkamah Konstitusi terkait perselisian Hasil Pemilihan Umum PHPU yang tersebar di 41 TPS pada Daerah Pemilihan 3 khusus di Kecamatan Ibu.

Ketua KPUD Halbar, Miftahuddin Yusup membenarkan perihal sidang putusan sela yang dibacakan Hakim Mahkamah Konstitusi pada pokoknya menolak seluruh permohonan pemohon dalam perkara nomor. 162-02-01-32/PHPU.DPR.DPRD-XXII/2024.

Menurutnya, untuk perkara dengan nomor 01-01-35-32/PHPU.DPR.DPRD-XXII/2024
yang dimohonkan oleh pemohon dari Partai Nasdem akan dilanjutkan dalam proses sidang selanjutnya dengan agenda pemeriksaan Pokok Permohonan, Alat Bukti dan Keterangan Saksi yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 29 Mei 2024.

“Setelah itu, penetapan calon terpilih akan dilakukan paling lambat 3 hari setelah KPU menerima surat pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi Tentang Status Perkara,” ujarnya

“Karena itu sudah di atur dalam PKPU nomor 6 tahun 2024. Yakni tentang penetapan calon terpilih pada pemilihan,” tandasnya.

________

Penulis: Zulfikar Saman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *