Panwascam se-Pulau Morotai Diminta Susun Indeks Kerawanan Pemilihan 2024

Suasana rapat koordinasi Bawaslu Morotai dan Panwascam || Foto: Istimewa

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, bersama Panwascam menggelar Rakor Penyusunan Indeks Kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, pada Sabtu (22/06/2024).

Rakor yang berlangsung di ruang pertemuan Kantor Bawaslu Morotai, yang dihadiri Ketua Bawaslu Pulau Morotai Ramla Molle, Kordiv HP2H Bawaslu Morotai Mulkan Hi. Sudin serta seluruh Panwascam se-Pulau Morotai.

Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Ramla Molle menyampaikan bahwa rapat kali ini akan membahas terkait poin-poin besar dalam penyusunan pemetaan kerawanan pemilihan tahun 2024.

“Karena indeks kerawanan pemilu (IKP) pasti akan ada dari pemilu satu ke pemilu berikutnya. Begitu juga dengan pemilihan, hanya ada perbedaan penamaannya saja,” ucap Ramla.

“Kita ketahui bersama bahwa Pilkada jauh berbeda dengan pemilu, karena sentuhan politik akan langsung mengena ke Bawaslu,” sambungnya

Dengan demikian, Ramla mengarahkan Panwascam se-Pulau Morotai untuk segera menyusun pemetaan kerawanan pemilihan 2024 sesuai dengan surat edaran Bawaslu RI.

Karena tahapan pelaksanaan pemilu 2024 kemarin, ketika sudah ada potensi/indikator yang tercatat pada IKP pemilu 2022 jangan di input lagi. Jadi harus dibahas untuk menyusun data pemetaan kerawanan pemilihan 2024.

“Bisa menambahkan indikator lain. Namun harus disertakan dengan bukti pendukung, karena bukti penting untuk pertanggung jawaban kita terhadap data itu keluar dan kedalam lembaga,” tandasnya


Penulis: Tim
Editor: Faisal Kharie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *