Pemdes Gorua Selatan Morotai Utara Berikan Bantuan Perahu ke Nelayan

7 unit perahu serta mesinnya yang diberikan ke nelayan || Foto: Istimewa

Sebanyak 7 orang nelayan warga Desa Gorua Selatan, Kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, mendapat bantuan perahu serta mesinnya dari Pemdes setempat.

Kepala Desa Gorua Selatan, Muhammad Pagaya mengatakan, perahu 7 unit serta mesin ketinting yang diberikan kepada nelayan itu, merupakan program ketahanan pangan Pemdes Gorua Selatan dari anggaran dana desa sebesar 20 persen tahun 2024.

Yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas perikanan, dan mengurangi ketergantungan masyarakat dengan memperkuat potensi lokal.

“Kami harap bantuan ini dapat tercipta sistem pangan yang berkelanjutan dan mandiri,” kata Kades, melalui telpon seluler kepada wartawan, Jumat (21/06/2024).

Menurut Kades, berdasarkan data kami itu nelayan yang ada di Desa Gurua Selatan yang sebenarnya menerima bantuan perahu sebanyak 13 orang.

“Tapi yang kami berikan duluan 7 orang nelayan. Nanti sisanya yang 6 orang itu kami akan siasati di anggaran tahun depan,” ungkapnya

Kades bilang, kami memberikan bantuan perahu kepada nelayan, karena para nelayan ketika pergi keluar mancing hanya menggunakan perahu dayung dan akses ke rumpong agak jauh.

“Makanya kami prioritaskan lebih dulu untuk memberikan bantuan kepada 7 orang nelayan, dalam bentuk perahu dan mesin ketinting,” terangnya

Dengan demikian, Kades meminta kepada masyarakat nelayan yang belum sempat mendapatkan bantuan perahu dan mesin ketinting di tahun ini, kiranya tetap bersabar.

“Semoga ke depan kami akan berusaha lagi, agar setiap warga yang membutuhkan bantuan kami akan berusaha memenuhi kebutuhan mereka,” imbuhnya

Kades menjelaskan, dalam anggaran ketahanan pangan itu dibagi menjadi 3 program diantaranya program perikanan, pertanian dan bantuan UKM.

“Tapi untuk program pertanian dan bantuan UKM, nanti direalisasi tahap 1 pada tahun 2025,” katanya

Untuk itu, Kades berharap semoga bantuan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi nelayan dan masyarakat Desa Gorua Selatan.

“Serta menjadi tonggak kemajuan, dalam upaya mencapai ketahanan pangan yang tangguh dan berkelanjutan,” harapnya

Sementara itu, Naher Ano, salah satu nelayan Gorua Selatan mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan, serta berkomitmen untuk memanfaatkannya dengan baik.

“Terima kasih kepada Pemdes Gorua Selatan atas bantuannya. Semoga kami bisa manfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan kami,” singkat Naher.


Penulis: Faisal Kharie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *