Perdana, 4 Mahasiswa di UNUSIA Jakarta Terbitkan Jurnal Penelitian

Terbitkan penelitian jurnal bereputasi nasional || Foto: Istimewa

Sebanyak 4 orang mahasiswa Akuntansi di Universitas Nahdlatul Ulama (UNUSIA) Jakarta, baru-baru ini berhasil menerbitkan penelitian mereka di Jurnal bereputasi nasional.

Artikel tersebut merupakan hasil kolaborasi mahasiswa dengan Dosen Akuntansi UNUSIA.

Keempat mahasiswa akuntansi yang berhasil menerbitkan jurnalnya adalah Hudri Ahmad Hudori, Fitria Auldri Desiana, Sintia Nur Afifah, dan Mariska Nur Hanifah.

Mereka semua adalah mahasiswa Akuntansi semester II. Ini adalah prestasi yang luar biasa bagi mahasiswa dan mahasiswi semester II.

“Mereka adalah mahasiswa pertama di UNUSIA yang menerbitkan jurnal bereputasi nasional, meskipun baru menempuh dua semester sebagai mahasiswa,” ucap Ketua Prodi Akuntansi UNUSIA.

Dengan kolaborasi dan bimbingan dari dosen UNUSIA, mereka menjalani proses penelitian dan penulisan sekitar 3 bulan hingga jurnal mereka berhasil dipublikasikan.

“Hebatnya, mereka memulai penulisan sejak semester I, dimana bisa di bilang ini merupakan pengalaman pertama mereka dalam menulis artikel penelitian,” kata Nurul Fuaziyyah, Dosen Akuntansi yang mereka ajak kolaborasi.

Sementara, Hudri Ahmad Hudori yang juga Duta Kampus UNUSIA 2023 menyampaikan, topik penelitian yang diangkat dalam jurnal tersebut sesuai dengan bidang keilmuan kami.

Yaitu terkait bidang akuntansi dan ekonomi.

“Metode penelitian yang kami gunakan untuk menyusun penelitian tersebut adalah literature review hingga penyebaran survei,” jelas Hudri.

Terpisah, Fitria Auldri Desiana mahasiswa penulis jurnal menyampaikan, detail jurnal yang diterbitkan oleh dirinya dan teman-temannya.

Pertama, Tekanan Akademik Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Gender (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Unusia) terbit di Jurnal Pendidikan Akuntansi (SINTA 4) oleh Hudri Ahmad Hudori dan Nurul Fauziyyah.

Kedua, Kecakapan Soft Skill dan Hard Skill bagi Akuntan Profesional dan Andal yang terbit di Jurnal Mizania oleh Fitria Auldri Desiana dan Nurul Fauziyyah.

Ketiga, saya dan ibu Nurul Fauziyyah menulis Dampak Resesi 2023 terhadap Harga Saham di Indonesia di Jurnal Mizania.

Keempat, Implementasi MBKM pada Program Studi Akuntansi di Perguruan Tinggi Indonesia yang ditulis oleh Mariska Nur Hanifah dan Nurul Fauziyyah di Jurnal Mizania.

Pencapaian mereka dalam menerbitkan jurnal penelitiannya mendapatkan apresiasi dari pihak universitas. Khususnya dari Kaprodi Akuntansi.

“Dimana, Kaprodi Akuntansi mengaku bangga atas prestasi mereka dan menghargai upaya serta kontribusi mereka dalam memajukan universitasnya serta Prodi Akuntansi UNUSIA,” tuturnya Fitria.

Selain itu, Nurul Fauziyyah selaku dosen UNUSIA mengaku senang bisa berkolaborasi sekaligus membantu mengembangkan potensi mereka dalam bidang penulisan artikel jurnal.

“Saya berharap hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi prestasi bagi universitas serta juga bisa berkontribusi dalam dunia akademik,” harapnya

Selain itu, kata Nurul, penelitian ini juga diharapkan dapat mengembangkan potensi mereka dalam hal penulisan artikel ilmiah.

Dan kita juga berencana untuk terus melakukan penelitian lain bersama mahasiswa-mahasiswa lainnya.

“Serta dapat menerbitkan jurnal-jurnal lain dengan topik yang lebih baru,” terangnya

Menurut Muhammad Aras Prabowo, kolaborasi yang dilakukan antara dosen dan mahasiswa UNUSIA ini tidak hanya sebatas pada mempublikasikan penelitian mereka.

Tetapi juga diharapkan dapat memberikan inspirasi, kepada para pembaca dan mahasiswa lain untuk mengikuti jejak mereka dalam berkontribusi di dunia akademik,” pungkasnya Muhammad.


Penulis: Rilis
Editor: Faisal Kharie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *