Peringati Hari Lahir Pancasila, KPU Halmahera Barat Gelar Upacara Bendera

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, menggelar upacara upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harla) Pancasila 2024 pada Sabtu (1/6) pagi. Tampil sebagai inspektur upacara Sekretaris KPU Halbar, Rusdi Yaman.

Pada peringatan tahun ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dalam sambutannya, Rusdi mengatakan merupakan momen untuk mengenang, menghormati sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar Negara Indonesia yang telah mengorbankan jiwa raga untuk bangsa dan Negara tercinta.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” katanya

Menurutnya, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” ujarnya.

“Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal IkaIka”,” sambungnya

Sebelum mengakhiri pidato ini, Rusdi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,”katanya

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” sambungnya.

Upacara tersebut turut diikuti seluruh staf Sekretariat KPU Halmahera Barat.

_______
Penulis: Zulfikar Saman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *