Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 31 Des 2021 21:50 WIT ·

PP dan Askab Morotai Diduga lindungi Wasit


 Proses Gol AMC ke Gawang Persida Weda, yang Dianulir Wasit || Foto: Istimewa Perbesar

Proses Gol AMC ke Gawang Persida Weda, yang Dianulir Wasit || Foto: Istimewa

Manajemen Akademy Morotai City (AMC) FC menduga lembaga Asosiasi Sepakbola Kabupaten (Askab) Morotai, Pengawas Pertandingan (PP) dan instansi lainnya di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, melindungi wasit Abdul Malik Karinda.

Pasalnya, sudah tiga hari ini, AMC FC sudah menyurat secara resmi kepada Askab, PP dan lainnya soal gugatan kepemimpinan wasit Abdul Malik Karinda yang diduga kuat sangat tidak profesional dalam memimpin pertandingan antara AMC FC dan Persida Weda FC pada putaran kedua Bupati Cup II tahun 2021, yang digelar di stadion Bangsaha Merah Putih tanggal 28 Desember lalu. Itu surat protes atau gugatan yang telah dilayangkan hingga saat ini tidak pernah direspon. Padahal, surat gugatan itu disampaikan secara resmi.

“Ada apa dengan Askab, ada apa dengan PP dan lainnya, ini organisasi besar misalnya Askab, PP, protes atau gugatan kita kan disampaikan secara resmi melalui surat yang ditandatangani oleh manager Roger Manawan, sudah tiga hari ini kami sampaikan kenapa sampai detik ini tidak ada penjelasan, kami mencurigai ada yang tidak beres di lembaga Askab, PP dan lainnya,”ucap Mohtar Sibua, juru bicara AMC FC, kepada sejumlah wartawan, Jumat (31/12).

Mohtar bilang, seharusnya lembaga-lembaga terkait yang telah disurati oleh AMC FC itu memberikan respon cepat atau penjelasan secara resmi juga, karena AMC FC sangat menghargai lembaga yang menyelenggarakan pertandingan Bupati Cup II, hal ini menjadi penting supaya AMC FC bisa mengetahui secara jelas apa yang menjadi alasan ditolak atau diterimanya gugatan AMC.

“Kita ikut prosedur, salah satunya menyurat secara formal sehingga tidak terkesan hanya asal bunyi, kita juga hargai Askab, PP, komisi perwasitan dan lainnya, tapi kenapa hingga kini tidak ada penjelasan, ada apa dengan lembaga lembaga ini, jangan sampai publik curiga secara negatif ke mereka. Kalau kami menyurat secara resmi maka harus dibalas dengan surat resmi juga karena ini Askab, PP dan lainnya itu organisasi resmi dari kabupaten hingga pusat,”timpalnya.

Menurut Mohtar, dalam pandangannya, gugatan yang dilayangkan oleh AMC FC itu soal dugaan ketidaknetralan wasit Abdul Malik dalam memimpin pertandingan, Bahkan, kepemimpinannya itu sangat merugikan AMC FC, lantaran bola yang seharusnya gol itu dianulir oleh wasit Malik.

“Kita protes karena kami menduga ada yang tidak beres dalam kepemimpinan wasit Abdul Malik, dan ini harus segera ditindaklanjuti oleh lembaga terkait, kami merasa dirugikan dan ditakuti ini akan terjadi dengan tim-tim lainnya,”katanya.

Soal protes kepemimpinan wasit Abdul Malik, lanjut Mohtar, ini juga kaitannya dengan citra Pemda Morotai. Sebab, pertandingan sepakbola Bupati Cup II yang digelar oleh Pemda Morotai dibawah kepemimpinan Bupati Benny Laos, jika masalah pertandingan Bupati Cup itu bermasalah maka secara otomatis Pemda Morotai juga dianggap gagal dalam menyelenggarakan Iven berkelas kabupaten itu.

“Jika Bupati Cup II itu bermasalah, maka disitulah kegagalan Pemda Morotai dibawah kepemimpinan Bupati Benny Laos juga turut gagal,”terangnya.

Ia menegaskan bahwa, soal kekalahan itu kami menerima jika itu dilakukan secara profesional dan terhormat.

“Kalah menang itu biasa dalam sebuah pertandingan, tapi tidak dengan cara-cara seperti itu yang menghancurkan dunia persepakbolaan,”tegasnya.


Penulis: Faisal

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Capai Target Vaksinasi, Pemda Morotai Diberikan Penghargaan

22 Januari 2022 - 18:55 WIT

Sejumlah Daerah dan BUMN Dapat Penghargaan Dari Gubernur Malut

22 Januari 2022 - 18:09 WIT

Pembangunan Panggung Live Music dan WFC Zona II di Morotai Rp 19,9 Miliar

22 Januari 2022 - 14:54 WIT

Februari, Bupati Morotai Bakal Resmikan Semua Fasilitas Wisata

22 Januari 2022 - 14:39 WIT

Kejari Halmahera Utara Resmi Tahan 2 Tersangka Korupsi Dana Hibah Panwaslu

22 Januari 2022 - 12:13 WIT

Tumbangkan Tobelo Utara, Basanohi FC Optimis Juara Piala Bupati Cup II

21 Januari 2022 - 20:28 WIT

Trending di DAERAH