Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Tingkat KPU Halmahera Barat Tuntas

foto bersama usai pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara terbanyak tingkat kabupaten halmahera barat || Foto: Istimewa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat, telah menuntaskan tahapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten, Kamis (7/3/2024).

“Rekapitulasi suara tingkat kabupaten Halbar sudah selesai hari ini. Tinggal lanjut tanda tangan hasil dengan para saksi dan Bawaslu, kemudian hasil rekapitulasi diserahkan ke provinsi,” kata Ketua KPU Miftahudin Yusup, kepada zonamalut.id, Kamis (07/03/2024).

Miftah mengatakan, proses rekapitulasi dilaksanakan dari tanggal 29 Februari dan dan baru tuntas pada hari ini 7 Maret 2024.

Miftah menuturkan pelaksanaan Pemilu 2024 untuk pemilihan presiden dan wakil presiden kemudian pemilihan DPD, pemilihan legislatif kabupaten, provinsi, dan pusat sudah berlangsung lancar dan sukses di Kabupaten Halbar.

Secara bertahap, kata Miftah, pelaksanaan pemilu di Halbar sudah dilewati mulai dari penghitungan di tingkat tempat pemungutan suara, kemudian rapat pleno di tingkat panitia pemilihan kecamatan di 9 kecamatan, sampai akhirnya rapat pleno rekapitulasi suara pemilu tingkat KPU Halbar.

Ia menyampaikan hasil rapat pleno KPU Halbar itu dihadiri semua petugas PPK, Bawaslu, dan juga saksi dari partai politik maupun peserta pemilu yang selama berlangsung rekapitulasi berjalan lancar, meski ada beberapa persoalan, namun semuanya dapat diselesaikan dengan baik.

“Alhamdulillah dari awal sampai akhir secara umum prosesnya berjalan dengan lancar, dan alhamdulillah saksi menandatangani, dan ada beberapa yang tidak ikut menandatangani tetapi secara rinci mereka mengikuti sampai akhir,” katanya.


Penulis: Zulfikar Saman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *