DAERAH  

Lindungi Pagama, Kabag Humas Sula Bersama Wartawan Tanam Mangrov

Memanilisir dampak abrasi sejumlah wartawan dan Humas Pemda Kab. Kepulauan Sula tanam mangrove di pulau Pagama || Foto: Humas

SANANA РSejumlah wartawan dan Kehumasan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara melakukan penanaman 150 pohon mangrove di Pulau Pagama, Minggu (7/3).

Penanaman ratusan anakan pohon mangrove itu diambil di Telaga Kabau Kecamatan Sulabesi Barat, Kepsul dalam rangka menyelamatkan Pulau Pagama.

Kabag Humas Kepsul, Basiludin Labesi menyatakan, kerja sama antara insan pers dengan Bagian Humas ini sebagai bentuk kepedulian terhadap ancaman hilangnya Pulau Pagama akibat abrasi pantai.

“Berangkat dari keterpanggilan moril untuk selamatkan Pulau Pagama, sehingga kami berinisiasi untuk ambil anakan pohon mangrove di Desa Kabau untuk ditanam di Pulau Pagama,”katanya.

“Kami juga menyampaikan banyak terimakasih kepada warga masyarakat Desa Kabau Pantai maupun Desa Kabau Darat yang ikhlas memberikan bibit mangrove demi upaya penyelamatan Pulau Pagama,” tambahnya.

Sementara Kordinator Wartawan Sula, Samsur Hasan Sillia mengatakan, ancaman hilangnya Pulau Pagama adalah masalah bersama. Karena itu, penanaman pohon mangrove ini sebagai bentuk tanggung jawab moril sebagai anak negeri.

“Ini masalah bersama, Mungkin satu tindakan nyata lebih bermanfaat dari pada seribu tulisan, maka kini harus berbuat,”ujarnya.

Sekadar diketahui, Pulau Pagama merupakan pulau kecil yang terletak di antara Pulau Lifmatola dan Pulau Mangoli. Pulau ini memiliki luas sekitar 450 meter. Pulau mungil dan indah itu nyaris hilang karena dihantam ombak baru-baru ini.


Penulis: Imelda Tude
Editor: Chaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *