Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 22 Jul 2022 18:19 WIT ·

Serahkan Zakat Baznas, Sekda Halmahera Barat: Semoga Bermanfaat


 Sekretaris Daerah saat menyerahkan bantuan beasiswa dari Baznas untuk siswa-siswi di Tabadamai || Foto: Zulfikar Saman Perbesar

Sekretaris Daerah saat menyerahkan bantuan beasiswa dari Baznas untuk siswa-siswi di Tabadamai || Foto: Zulfikar Saman

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, M Syahril Abdul Razak menyerahkan secara simbolik bantuan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada 200 orang penerima di 5 desa, Kecamatan Jailolo Selatan, pada Jumat (22/07).

Kelima desa itu adalah, Tabadamai, Toniku, Tewe, Rioribati dan Braha.
Bantuan zakat yang diserahkan berupa uang tunai Rp 71 juta dan sembako seperti beras dan minyak kelapa. Selain itu ada juga bantuan untuk beasiswa, pondok hafidz Qur’an ditambah dengan bantuan pembangunan Musallah Desa Tabadamai.

Sementara jumlah penerima bantuan zakat untuk Desa Tabadamai sebanyak 68 orang, Toniku 67 orang, Tewe 19 orang, Rioribati 20 orang dan Desa Braha sebanyak 35 orang.

Syahril dalam kesempatan itu mengatakan, Baznas yang dibentuk merupakan sebuah organisasi resmi karena secara nasional punya negara. Sehingga ia meminta masyarakat tidak perlu khawatir untuk berzakat di Baznas.

“Baznas itu lembaga resmi pemerintah, sehingga seluruh pengelolaan keuangan di Baznas juga akan diaudit, dan sudah ada tim dari Inspektorat yang dipasang di Baznas untuk melakukan pemeriksaan seluruh keuangan yang masuk dan keluar untuk dipertanggungjawabkan,” ujar Syahril

Selain Inspektorat, kata Syahril, BPK juga setiap tahun BPK akan melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan di Baznas.

“Jadi tidak perlu khawatir karena secara aturan kami sudah mengikuti, untuk itu saya mengajak mari torang sama-sama percayakan zakat ke Baznas, sehingga mereka bisa kerja dengan baik dan profesional,” katanya

Orang nomor tiga di Pemkab Halmahera Barat ini mengatakan, bahwa berzakat merupakan kewajiban bagi umat Islam untuk berbagi rezeki dan kebahagian kepada para pihak yang membutuhkan.

“Dengan saudara-saudara kita dan utamanya kepada para mustahik,” ujarnya

Dia berharap, masyarakat yang menerima bantuan zakat baik dalam bentuk uang maupun sembako dari Baznas dapat digunakan sebaik-baiknya.

“Atas nama pemerintah saya mengucapkana rasa terimakasih di Baznas karena sudah meringankan beban pemerintah daerah, mudah-mudahan dari tahun ke tahun Baznas dapat berkembang terus untuk membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh,” ujarnya

Diakhir sambutan, Ketua LPTQ Halmahera Barat ini menitipkan pesan untuk orang tua murid yang disana agar terus melakukan pembinaan terhadap anak-anak untuk terus menghafal ayat-ayat suci Al-Quran. Menurutnya sejauh ini penghafal ayat-ayat suci Al-Quran untuk 30 juz masih berkurang.

“Jadi tolong terus memberikan pembinaan untuk anak-anak kita agar kedepan bisa mengikuti lomba STQ nasional mewakili Halbar,” harapnya.


Editor: Zulfikar Saman

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gandeng Puskesmas, Satgas TMMD Kodim Tobelo Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

12 Agustus 2022 - 19:05 WIT

Stand PT. NHM Ramai Dikunjungi

11 Agustus 2022 - 18:37 WIT

Bupati Halbar Terima Kunjungan Rombongan Geo Dipa, Ini yang Dibahas

11 Agustus 2022 - 13:55 WIT

Dua Nelayan Morotai Siap Dipulangkan, Keluarga Diminta Bersabar

11 Agustus 2022 - 13:42 WIT

Sehari, Jualan Pernak-pernik di Morotai Raup Pendapatan Tiga Kali Lipat

11 Agustus 2022 - 12:16 WIT

Jelang 17 Agustus, Penjual Pernak-pernik di Halmahera Utara Mulai Ramai

11 Agustus 2022 - 09:15 WIT

Trending di DAERAH