Setelah Lebaran, Partai Gerindra Morotai Akan Bentuk Panitia Penjaringan Balon Bupati dan Wabup

Ketua DPC Partai Gerindra Morotai, Irwan Soleman || Foto: Istimewa

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, akan melakukan pembentukan panitia penjaringan pendaftaran bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati morotai pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Ketua DPC Partai Gerindra Pulau Morotai, Irwan Soleman mengatakan, dalam Rakor kemarin itu ketua DPD Gerindra menyampaikan bahwa seluruh ketua DPC Gerindra, agar membentuk panitia penjaringan pendaftaran Balon bupati dan wakil bupati, salah satunya Morotai.

Dan ini dilakukan sesuai ketentuan AD/ART Partai Gerindra. Pasal 25 AD
Dewan Pimpinan Cabang memiliki wewenang huruf (F). Mengajukan calon bupati/walikota dan calon wakilnya dari Partai Gerindra kepada Dewan Pimpinan Pusat atas persetujuan Dewan Pimpinan Daerah.

Jo Pasal 19 kewenangan dewan pembina poin (9). Pemberian rekomendasi calon bupati/walikota dan/atau wakil bupati/wakil walikota. Dengan tetap memperhatikan aspek popularitas, integritas, intelektualitas, moralitas, elektabilitas, dan kapital setiap orang yang mendaftarkan diri di DPC Partai Gerindra Pulau Morotai.

“Nanti setiap rekomendasi DPC akan diserahkan ke DPD untuk dilakukan fit and proper test. Setalah itu, diserahkan ke DPP untuk menerbitkan SK,” jelas Irwan, dalam rilisnya kepada zonamalut.id, Selasa (02/04/2024).

Dengan demikian, kata Irwan, DPC Gerindra Morotai akan melaksanakan penjaringan Balon bupati dan wakil bupati setelah lebaran idul fitri.

“Terkait dengan syarat-syarat calon, saat ini DPC Gerindra Morotai masih menunggu juknis dari DPP, DPD yang insya allah dalam waktu dekat sudah diserahkan kepada DPC,” katanya

Irwan bilang, DPC Gerindra membuka penjaringan Balon bupati dan wakil bupati karena mengingat DPC Gerindra Morotai pada Pileg kemarin berhasil meraih satu fraksi penuh (tiga kursi) di DPRD Morotai.

Selain itu, Ketua DPP Gerindra Hi. Prabowo Subianto juga terpilih sebagai presiden 2024-2029, maka kami yakin keterpilihan poltik calon bupati akan lebih proporsional melirik partai Gerindra.

“Maka dari itu, selaku Ketua DPC Gerindra Morotai menghimbau kepada Balon bupati dan wakil bupati Morotai, agar mempersiapkan diri menghadapi pesta demokrasi tahun 2024 ini,” tandasnya


Penulis: Rilis
Editor: Faisal Kharie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *