STQ Nasional XXVI di Sofifi Akan Dihelat Malam Ini, Prokes Diperketat

Masjid Raya Shaful Khairaat Sofifi, Provinsi Maluku Utara || Foto: Zulfikar Saman

SOFIFI РSeleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI yang dipusatkan di halaman Masjid Raya Shaful Khairaat Sofifi, Provinsi Maluku Utara akan dihelat pada Sabtu (16/10) malam.

Kegiatan keagamaan bertaraf nasional itu secara resmi akan dibuka oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Jumlah peserta yang bakal mengikuti mata lomba STQ Nasional adalah 595 kafilah dari 34 provinsi di Indonesia.

Ketua Bidang Publikasi dan IT
Panitia Darah STQN Nasional ke XXVI Maluku Utara, Rahwan K Suamba, mengatakan kafila dari 34 provinsi di Indonesia yang tiba
di Sofifi sebanyak 589 orang. Sedangkan jumlah total rombongan adalah 1512 orang.

“Kegiatan ini didukung oleh lebih dari 1200 orang panitia lokal, seperti panitia pusat, panitia daerah, LO, driver, keamanan, tim kesehatan, PKK, Dharma Wanita, Telkom, PLN, dan penyedia makanan,” jelas Rahwan

Ia bilang, panitia nasional maupun daerah tetap menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan STQ Nasional XXVI. Tak hanya panitia, hal itu juga berlaku bagi semua peserta yang masuk dalam lokasi pelaksanaan pembukaan STQ.

“Panitia semua dan peserta bahkan tamu yang masuk area lomba, wajib swab antigen dan vaksinasi,” terangnya.

Dalam perlombaan STQ Nasional itu ada empat mata cabang yang dilombakan yakni, golongan hafalan Al-quran terdiri dari golongan 1 Juz dan tilawah, gologan 5 Juz dan tilawah, golongan 10 Juz dan tilawah.

Sementara seni baca Al-quran golongan anak dan dewasa, golongan tafsir quran yakni golongan bahasa Arab, sedangkan untuk golongan musabaqah Al-hadits terdiri dari golongan hafalan 100 hadits dengan sanad, serta golongan hafal 500 hadits dengan sanad.


Penulis: Zulfikar Saman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *