Sukseskan Pilkada, Pemda Halmahera Barat lakukan Penandatanganan NPHD Bersama KPU

Bupati Halmahera Barat James Uang didampingi Ketua KPU Halbar Miftahudin Yusuf saat diwawancara sejumlah awak media || Foto: Istimewa

Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara lakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada Tahun 2024 dengan KPU Halbar di ruang rapat Bupati, Selasa, (7/11/2023)

“Jadi total hibah kepada KPU, Bawaslu maupun uang Pengamanan yaitu 61 miliar yang bersumber dari dua anggaran pertama dari pemda halmahera barat sebesar 35 miliar kemudian di provinsi ada 26 miliar, jadi total keseluruhan adalah 61 miliar,” kata Bupati Halbar, James Uang saat dikonfirmasi sejumlah awak media.

James bilang, Pemda Halbar melakukan penandatanganan NPHD bersama KPU tersebut  karena itu adalah hajatan Pilkada 2024 dan sudah masuk dalam agenda strategies nasional dan merupakan amanat konstitusi yang harus dilaksanakan.

“Jadi suka tidak suka kita laksanakan tidak ada alasan bilang pengurasan anggaran tidak bisa, ini perintah konstitusi yang harus kita amankan di Halbar,” ujar James.

Oleh karena itu, lanjut dia, ini wajib hukumnya dilaksanakan oleh semua stakeholder yang ada di Halbar baik pemerintah daerah dan KPU sebagai penyelenggara.

“Saya berharap masyarakat juga harus menyambut baik soal agenda Pilkada ini. Saya juga mempersilahkan kepada peserta yang akan ikut bertarung dalam momentum Pilkada pada September tahun depan kita berharap mereka punya hak konstitusi tentunya,”tuturnya

Sementara Ketua KPU Halbar, Miftahudin Yusuf mengatakan secara kelembagaan KPU Kabupaten Halmahera Barat mengucapkan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada segenap unsur pemerintah kabupaten Halmahera Barat, karena sudah melakukan penandatanganan NPHD yang didalamnya termuat poin per poin terkait dengan pembayaran Pilkada tahun 2024

“Untuk pembiayaan sendiri teman-teman perlu tahu bahwa kami KPU menerima hibah dari pemerintah daerah sebesar 35,4 miliar. Anggaran itu terdiri dari dana sering sebesar 8 miliar lebih yang bersumber dari APBD Provinsi, kemudian 26 miliar dari Pemkab Halbar,” tandasnya mengakhiri.


Penulis: Zulfikar Saman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *