Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 10 Mei 2022 18:44 WIT ·

Terlibat Kasus Lahan, Ketua DPRD Morotai dan 1 Anggotanya Bakal Jalani Sidang


 Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Morotai, Sobeng Suradal || Foto: Istimewa Perbesar

Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Morotai, Sobeng Suradal || Foto: Istimewa

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara inisial RP dan satu anggotanya SL bakal menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Tobelo atas dugaan kasus penipuan jual beli lahan.

“Mereka bakal menjalani sidang perdana nanti, hanya saja saat ini kami masih menunggu jadwal sidang yang ditetapkan oleh PN Tobelo,” ucap Sobeng Suradal, Kajari Kepulauan Morotai, ketika dikonfirmasi wartawan di kantornya, Selasa (10/05).

Sobeng bilang, semua berkas kasus dugaan penipuan lahan telah dilimpahkan ke PN Tobelo, dan sampai saat ini kita masih menunggu penetapan hari sidangnya. Kemungkinan minggu depan sudah ada penetapan hari sidang.

“Jadi tinggal tunggu saja penetapan waktu sidang, karena semua sudah kita limpahkan ke PN Tobelo,” jelasnya

Ditanya, untuk status penahanan ke empat tersangka, kata Sobeng, untuk status pernah saat ini masih tetap dilakukan tahanan kota.

“Mereka tetap masih dilanjutkan tahanan kota,” katanya

Sebelumnya, kasus ini penyidik Polres Morotai telah menetapkan 4 orang tersangka masing-masing berinisial RP, SL, SE dan YK. Namun, dalam penetapan itu ke empat tersangka merasa tidak puas sehingga mereka melakukannya Praperadilan di PN Tobelo, hanya saja Polres Morotai menang dalam Praperadilan, sehingga Polres Morotai melalui penyidiknya melakukan pelimpahan berkas perkara serta 4 orang tersangka ke Kejaksaan Negeri Morotai.

Diketahui, kasus dugaan penipuan lahan yang dilaporkan oleh TL (Korban) berlokasi di Desa Juanga Kecamatan Morsel, pemiliknya merupakan anggota DPRD inisal SL dan Ketua DPRD Morotai RP bersama dua orang rekannya yaitu SE dan YK bertindak sebagai perantara untuk menjual kepada TL.


Penulis: Faisal Kharie

Artikel ini telah dibaca 190 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kuasa Hukum Tetap Mengawal Kasus Dugaan Penipuan di Halmahera Utara

16 Mei 2022 - 19:28 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

AWPI Halmahera Utara Sosialiasi Peran Media dan Perkara Hukum kepada Pelajar

12 Mei 2022 - 09:49 WIT

Pemda Halmahera Utara Distribusi Bantuan ke Korban Gempa di Desa Ngidiho

12 Mei 2022 - 09:14 WIT

Trending di DAERAH