Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Dinas PTSP Halmahera Utara Bakal Tertibkan Tempat Hiburan Malam Masih Ada Anggota DPRD Morotai yang Belum Selesaikan Temuan BPK Mantan Ajudan Bupati Morotai Kalah Praperadilan di PN Tobelo DPRD Halmahera Utara Mulai Bahas RPJMD Rancangan APBD 2022 Halmahera Barat Alami Defisit 217 Miliar

DAERAH · 18 Mei 2021 20:03 WIT ·

Tim Forensik Mulai Selidiki Penyebab Kebakaran Rumah di Desa Bobanehena


 Tim Forensik mulai selidiki Kebakaran Rumah di Desa Bobanehena || Foto: Taslim Perbesar

Tim Forensik mulai selidiki Kebakaran Rumah di Desa Bobanehena || Foto: Taslim

JAILOLO – Polres Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, telah menurunkan tim forensik dari Sulawesi Selatan, menyelidiki kebakaran di rumah milik Risto A.Soamole, warga Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo, Selasa (18/4).

Peristiwa kebakaran di rumah milik Risto itu terjadi diduga dipicu dari tawuran antar pemuda Desa Bobanehena dan Payo, Kecamatan Jailolo pada Jumat (14/5) malam sekitar pukul 19.43 WIT. Sejauh ini, penyebab terjadinya kebakaran belum diketahui secara pasti.


Warga 2 Desa di Halmahera Barat Terlibat Tawuran, 1 Rumah Dibakar

Rumah Terbakar Saat Tawuran di Halmahera Barat, Pemilik Tuntut Ganti


“Untuk dapat diketahui apa penyebab terbakarnya rumah warga di Desa Bobanehena itu, Polres Halbar sudah meminta bantuan kepada tim forensik dari Polda Sulawesi Selatan untuk dilakukan investigasi,”kata Kasat Reskrim Polres Halbar, Iptu Elfin S. Akbar S.IK. kepada wartawan, Selasa (18/5).

Elfin bilang, dengan bantuan tim forensik ini, akan dapat diketahui secara pasti pemicu kebakaran yang terjadi di rumah milik Risto A. Soamole.

“Tadi tim ahli sudah melakukan uji forensik, dan hasilnya mungkin satu atau dua minggu baru bisa diketahui, kami juga sudah berkoordinasi dengan tim forensik kalau bisa hasilnya dipercepat agar dapat menyelesaikan konflik dua desa yang sementara belum kondusif ini,”jelasnya

Elfin mengaku, sepanjang proses pengumpulan data masih dilakukan oleh tim forensik, Polres dibantu TNI Yonif 732 Banau Dandim, Kejaksaan, dan Pemda Halbar akan terus melakukan upaya berkoordinasi dengan warga di dua desa tersebut agar kondisi tetap kondusif.

“Proses pasti akan ditindaklanjuti termasuk langkah-langkah hukum dalam hasil penyelidikan. Jika kebakaran itu di sengaja oleh oknum tertentu maka tim forensik dari Resmob bakal menemukan siapa pelakunya. Jadi mohon agar diberikan kepercayaan kepada kami,”ujarnya.

Disentil soal kebakaran rumah tersebut hasil dari amukan masa. Elfin mengaku, hal itu ahlinya dari tim forensik yang dapat menentukan setelah hasilnya sudah keluar.

“Secara kasat mata dalam dugaan warga memang ada. Hanya saja kita tidak bisa beropini, untuk itu saya berharap kita semua bisa bersabar biarkan tim forensik bekerja sesuai ahlinya. Nanti juga akan diketahui pasti saat hasil penyelidikan sudah keluar,”tandasnya.


Penulis: Tim
Editor: Zulfikar Saman

Artikel ini telah dibaca 247 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kuasa Hukum Tetap Mengawal Kasus Dugaan Penipuan di Halmahera Utara

16 Mei 2022 - 19:28 WIT

Sidang Sinode ke-29 Berakhir, Pdt Demianus Ice Terpilih Kembali Ketua GMIH Malut

14 Mei 2022 - 10:20 WIT

Unggul di 4 TPS, Riswan S Totona Siap Dilantik jadi Kades Daruba

13 Mei 2022 - 13:03 WIT

Selisih 249 Suara, M. Aridh Pua Menang Telak di Pilkades Muhajirin

12 Mei 2022 - 20:55 WIT

AWPI Halmahera Utara Sosialiasi Peran Media dan Perkara Hukum kepada Pelajar

12 Mei 2022 - 09:49 WIT

Pemda Halmahera Utara Distribusi Bantuan ke Korban Gempa di Desa Ngidiho

12 Mei 2022 - 09:14 WIT

Trending di DAERAH